Hazet Steril Parkir Jadi Kawasan Pejalan Kaki, PKL Hanya Jualan Disatu Areal

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Pemkot Tasikmalaya rencananya akan menjadikan
Jalan KH Zaenal Mustofa (Hazet) Kota Tasikmalaya. Sebagai, salah satu kawasan steril parkir dan khusus untuk para pejalan kaki saja. Namun kendaraan, masih bisa melintas kawasan tersebut. Tapi, tidak bisa parkir seperti dulu lagi. Pasalnya, trotoar yang ada dikawasan itu, akan dilebarkan menjadi 5 meter dan 4,5 meter.

“Kalau dari arah utara itu, trotoar yang kanan dilebarkan 5 meter dan yang kiri 4,5 meter. Pelebaran trotoar tersebut sampai dengan Asia Toserba,”ujar analis Bidang Jalan dan Jembatan PUPR Kota Tasikmalaya, Rino Isa melalui WhatsApps, Selasa (10/05/2022).

Sedangkan, terkait dengan penempatan PKL, kata Rino. Kewenangannya itu, ada di Dinas Indag Kota Tasikmalaya. Karena, pihaknya hanya mengerjakan infrastuktur saja. Termasuk, untuk menyediakan tempat duduk, PJU, rambu jalan dan lainnya. Adapun, untuk penempatan PKL tersebut. Hanya disediakan untuk disatu areal saja, yakni ditrotoar sebelah kanan dari arah utara. Sedangkan, untuk ditrotoar sebelah kiri itu, harus steril PKL.

Ketika disinggung, kapan realisasi pengerjaannya tersebut. Rino menjelaskan. Saat ini, pihaknya sedang melaksanakan finalisasi pematangan perencanaan. Mudah-mudahan saja, minggu depan sudah bisa masuk ke ULP.

“Pengerjaannya itu, bukan hanya Hazet saja, tapi juga bareng dengan penataan Jalan Cihideung. Penataan tersebut, merupakan janji politik, Pak Budi-Pak Yusuf yang dituangkan dalam RPJMD. Dananya bersumber, dari APBD Kota Tasikmalaya sebesar Rp 11 milyar,”imbuhnya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!