Kades Muncang Minta LPJ, Ketua BumDes “Ngaleungit” Sisa Rp 57 Juta Kemana?

Kab.Tasik (kilangbara.com)-Kades Muncang, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Drs Heryanto meminta kepada Ketua Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Mekar Mandiri, AG. Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dari dana keseluruhan. Terkait, sisa dana Rp 57 juta dari pembelanjaan BumDes tahun anggaran 2018. Namun, ironisnya AG justru disinyalir malah “ngaleungit” (hilang).

“Kami, sudah melayangkan surat pemanggilan kesatu. Saat itu, yang bersangkutan memang datang, tapi tidak ada solusi. Kemudian, hari ini pun dilakukan memanggil, namun ternyata tidak datang, entah kemana,”herannya, Kamis (21/10/2021).

Heryanto menjelaskan, dana yang dikucurkan kepada BumDes pada tahun 2020 yang lalu. Bersumber, dari anggaran Dana Desa tahun anggaran 2020, sekitar Rp 120 juta. Namun yang dialokasikan ke BumDes hanya Rp 100 juta. Adapun, dana Rp 20 juta lagi dialokasikan untuk pembinaan, lalu sisanya yang dibelanjakan mesin poto copy dan ATK oleh pihak BumDes. Sehingga, ada sekitar Rp 57 juta itu dikemanakan?

Sehingga, AG harus segera menyerahkan LPJ kepada desa. Terkait kejelasannya hingga sampai tahun 2021. Pihaknya juga berupaya menyelesaikan permasalahannya itu. Bahkan, sudah menonaktifkan kepengurusan BumDes tersebut.

“Insya Alloh pada Selasa depan, kami akan melayangkan surat panggilan yang terakhir. Mudah-mudahan AG datang dan membawa syarat poin-poin yang sudah disepakati bersama. Jika pemanggilan terakhir, tidak datang lagi, akan koordinasi dengan Camat dan Inspektorat,”ancamnya.

Sementara itu, ketika kilangbara konfirmasi menemui Ketua BumDes AG ke kediamannya. Ternyata yang bersangkutan, tidak ada dirumahnya. Sehingga, hanya bertemu dengan istrinya saja. Dengan menuturkan suaminya lagi ke Singaparna. Ketika dicoba dikontak ke nomor HP AG, ternyata tidak aktif.(DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!