Lawan Berita Hoaks, Generasi Muda NU Majalengka, Dibekali Ilmu Jurnalistik

Majalengka (kilangbara.com)-Guna untuk melawan maraknya berita hoaks selama ini. Sebanyak 70 orang dari perwakilan keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Majalengka. Serta perwakilan pondok pesantren mengikuti diklat ilmu jurnalistik. Di Kantor Pengurus Cabang NU setempat, Sabtu-Minggu (13-14/02/2021).

Sekretaris PCNU Majalengka, Kiai Mimif Miftah mengatakan, diklat itu digelar sebagai bentuk kaderisasi muda NU. Dalam menghadapi kemajuan teknologi. Sehingga, diharapkan bisa lebih bijak lagi, sekaligus memberi tauladan dalam bermedia.

“Bisa mengenal tentang hoaks, kemudian melawanya, memilah berita-berita kemudian mengimbangi, sehingga tidak menelan begitu saja. Nantinya, diharapkan para peserta bisa menjadi kontributor atau mengisi website dan akun-akun medsos milik NU Majalengka,”ujarnya.

Perwakilan dari Ikatan Pelajar Perempuan Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Maja, Yati mengaku bersyukur dan beruntung bisa mengikuti pelatihan itu. Karena, bukan hanya sekadar diberikan teori jurnalistik, tapi langsung praktik bagaimana membuat berita, mengambil foto dan video sesuai standar jurnalistik.

Sementara itu, Shofiyullah dari MWC NU Kecamatan Rajagaluh menuturkan dengan mengikuti diklat tersebut. Bisa mendapatkan pengetahuan baru, tentang dunia pers yang selama ini belum didapatinya. Karena, banyak wawasan dan pengetahuan yang diperoleh.

Ketua IPNU, Syifa Nahdillah Syaechu didampingi Ketua Panitia Diklat Jurnalistik Akah Mubaroq menambahkan, latar belakang diklat itu. Agar memberikan wawasan ilmu pengetahuan, bagaimana produk jurnalistik itu dibuat para wartawan. Pasalnya, selama ini hanya menikmati hasil, tanpa melihat proses pembuatan berita itu sendiri.

“Pematerinya para wartawan, baik itu dari cetak, elektronik maupun online. Diklat ini bekerja sama dengan PWI Kabupaten Majalengka, Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) NU dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU),”terangnya.(Sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!