Bupati Majalengka : Program Padat Karya, Bangkitkan Ekonomi di Pedesaan

Majalengka (kilangbara.com)-Ditengah kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini.Tentunya, sangat terasa dampaknya terhadap kondisi ekonomi masyarakat desa.Sehingga dengan adanya program padat karya, bertujuan guna untuk membangkitkan ekonomi warga pedesaan.Selain itu, untuk membuka lowongan kerja, menumbuh kembangkan gotong royong dan kekompakan.

“Pemkab Majalengka mengulirkan program padat karya yang bersumber dari APBD Kabupaten.Dalam upaya untuk menumbuhkan taraf ekonomi warga dipedesaan,”terang Bupati Majalengka, DR H Karna Sobahi, M. MPd.Saat acara program edukasi dan rembug desa di Cilangcang Kecamtan Cikijing, Selasa (20/10/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM, Ir Sadeli menjelaskan tahun 2020 ini.Sebanyak 15 Desa di Kabupaten Majalengka, telah memperoleh bantuan program padat karya pembangunan jalan, sepanjang 1 km, dengan anggaran Rp 200.000.000.

Dari pagu anggaran tersebut, diperuntukan bagi pembelian bahan untuk pembentukan badan jalan.Serta upah selama 12 hari kerja yang setiap harinya, orang kerja sebanyak 65 orang dengan upah masing-masing sebesar Rp 75.000 per hari.

“Jalan desa yang dibangun itu, harus memiliki efek dampak menunjang perekonomian masyarakat.Misalnya pembangunan jalan menuju sawah atau kebun, jalan penghubung antar blok atau jalan lainnya.Pokonya yang benar-benar bisa memiliki manfaat besar untuk mengungkit ekonomi,”pungkasnya.(Sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!