Festival Jampana di HUT Kota Tasik ke-21, Akan Undang Sandiaga Uno dan RK

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Dalam rangka untuk meriahkan HUT Kota Tasikmalaya ke-21. Rencananya, kegiatan festival jampana yang akan digelar di Bale Kota Tasikmalaya, Minggu (23/10/2022). Bakal, mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (RK).

“Kita akan undang beliau-beliau tersebut. Karena, Pak Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Pak RK adalah Gubernur Jabar,”beber Kepala Dinas Pariwisata Kota Tasikmalaya, Hadian SH. Saat, rapat persiapan festival jampana. Di Gedung Kesenian, Senin (03/10/2022).

Hadian menuturkan, kegiatan festival jampana itu. Salah satu, kegiatan yang menampilkan bentuk kearifan lokal. Sebab, jampana itu terbuat dari injuk dan beratap hateup. Serta juga alas bambu dan tikar. Nantinya dalam festival itu, bakal digotong oleh peserta. Isi dalam jampana itu, bisa berupa tumpeng, buah-buahan, makanan tradisional dan lainnya. Sedangkan, bagi peserta pria wajib mengunakan pakaian pangsi, iket kepala dan sandal tarumpah. Adapun, wanita harus berkebaya dan memakai kelom dan payung geulis.

“Nantinya, isi dalam jampana itu bisa dibagikan kepada penonton. Ketika, dalam kegiatan tersebut di Bale Kota Tasikmalaya. Peserta jampana, tidak boleh diiringi oleh kendaraan bermotor. Kita, akan berikan hadiah tropy dan uang bagi juara 1-3 dalam festival jampana itu,”janjinya.

Kata Hadian, bagi para peserta harus sudah berkumpul pada pukul 06.00 WIB. Titik kumpulnya itu, didepan RM Jembar Jalan Letnan Harun. Karena, festival jampana itu waktunya sangat terbatas, hanya sampai pukul 11.30 WIB. Sebab, di Kota Tasikmalaya ada Perda Tata Nilai. Rutenya, hanya berada diseputar Bale Kota Tasikmalaya.

“Kita juga akan mengundang, Bupati Pangandaran, Walikota Banjar, Bupati Garut, Bupati Tasikmalaya dan Bupati Ciamis. Mudah-mudahan saja, acaranya itu bisa berjalan lancar dan sukses,”harapnya.

Hadian mengajak kepada semua OPD, element masyarakat dan juga lainnya. Tentunya, bisa menjadi peserta dalam kegiatan festival jampana tersebut. Sehingga, bila ada yang mau ikutan menjadi peserta. Silahkan saja, datang pada jam kerja ke Kantor Dinas Pariwisata Kota Tasikmalaya di Jalan Dadaha Kota Tasikmalaya. Tentunya, bisa ditanyakan langsung lebih jelas lagi. Festival jampana itu, tidak dipungut biaya kepada peserta.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!