Kota Sukabumi, Dijadikan Percontohan Nasional Pembelajaran Tatap Muka

Kota.Sukabumi (kilangbara.com)-Atas pencapaian status zona hijau, kini Kota Sukabumi dijadikan percontohan, secara nasional.Guna untuk pembelajaran tatap muka dimasa pandemi Covid-19 oleh Mendikbud.Dengan sistem belajar tatap muka yang diperbolehkan didaerah berstatus zona hijau.

“Tahap pertama sekolah menengah dulu yaitu SMA dan SMP, sementara untuk tingkat SD tunggu dulu,” ujar Mendikbud, Nadiem Makarim, saat berkunjungan dengan Wapres KH Ma’ruf Amin ke SMAN 4 Kota Sukabumi, Rabu (08/07/2020).

Sedangkan untuk tingkat SD, Kata Nadiem harus latihan sebelumnya selama dua bulan, sambil menunggu kesiapan dan detail yang harus disediakan.Begitu pula, untuk sistem belajar tatap muka di SMP dan SMA.Tidak boleh dilakukan secara serentak, artinya semua siswa langsung masuk sekolah.Dalam pelaksanaannya, sekolah harus memberlakukan sistem shift atau bergilir.

“SMAN 4 Sukabumi luar biasa karena bisa membuat 3 shift, padahal 2 shif juga cukup.Langkah ini ditempuh karena benar-benar ingin menerapkan protokol kesehatan,”tuturnya.

Nadiem menjelaskan kesiapan sekolah untuk memberlakukan sistem tatap muka itu.Didasarkan pada keputusan Kepala Sekolah, orang tua diberi kebebasan untuk mengizinkan anaknya bersekolah atau tetap memilih tinggal di rumah.Nantinya sekolah tidak boleh diksrikiminatif terhadap siswa yang tidak masuk sekolah.

Kepala SMAN 4 Kota Sukabumi Rachmat Mulyana menjelaskan, menjelang dibukanya kembali KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), pihaknya telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana protokol kesehatan.Dalam hal ini SMAN 4 telah menyiapkan alat pengukur suhu tubuh, wastafel, alat sterilisasi dengan disinfektan, dan hand sanitizer.(Saevah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!