Tempat Wisata, PKL Dilarang, Tapi Cafe, Karaoke, Bioskop, Mall Bisa Buka, Kenapa?

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Pasca Pemkot Tasikmalaya, kembali memperpanjang pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), mulai dari 18-24 Mei 2021. Dengan, dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Nomor 360/SE.106-BPBD/2021, ditandatangani langsung oleh, Plt Walikota Tasikmalaya, Drs HM Yusuf. Kini, telah menjadi sorotan tajam, semua pihak.

“Keputusan SE ini, berdasarkan instruksi dari Mendagri dan Gubernur Jabar. Terkait dalam penanganan pencegahan Covid-19,”ujar Plt Walikota Tasikmalaya, Drs HM Yusuf, usai Rapat Paripurna, Jumat (21/05/2021).

Yusuf menjelaskan SE tersebut, hanya berlaku untuk 1 Minggu untuk dievaluasi. Padahal, SE itu biasanya memberlakukan, selama 2 Minggu. Dengan adanya SE tersebut, semua kegiatan difasilitas umum, dilarang. Termasuk tempat wisata, taman kota, taman alun-alun dan dadaha. Serta juga bagi para PKL Reboan, Kuliner Mambo dan Pasar Kojengkang. Namun, bagi restoran, rumah makan, cafe dan bioskop, diperbolehkan untuk buka, tapi harus dibatasi.

“Tempat duduk dan jumlah pengunjung dibatasi, paling banyak 50 persen. Serta harus melayani pesan antar, secara take away. Adapun, jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00-21.00 WIB. Sedangkan, kenapa PKL dan tempat wisata dilarang, karena bisa menimbulkan kerumunan,”bebernya.

Selain itu, lanjut Yusuf pusat perbelanjaan dan toko swalayan juga diperbolehkan buka. Dengan jumlah pengunjung dibatasi, paling banyak 50 persen juga jam operasionalnya, mulai dari pukul 08.00-21.00 WIB.

“Pasar rakyat juga boleh berjualan, mulai dari pukul 04.00-12.00 WIB. Adapun kegiatan di Pasar Cikurubuk itu, mulai dari pukul 19.00-23.00 WIB. Sedangkan, di Pasar Burung/Besi buka dari pukul 08.00-15.00 WIB,”imbuhnya.

Sedangkan, ketika disinggung waktu meresmikan wahana baru, di Taman Wisata Karan─úresik, lalu langsung menutupnya. Pria yang akrab dipanggil HMY itu, menuturkan pada saat itu, Kota Tasikmalaya masuk zona merah. Pasalnya, ada ketentuan kalau zona tersebut, dilarang untuk buka.

“Karena waktu itu, kita kuatir disaat zona merah. Para, pemudik yang belum pulang, bisa memenuhi tempat wisata. Tapi, sekarang Kota Tasikmalaya sudah zona orange. Tunggu saja, setelah SE itu berakhir, karena akan dievaluasi,”janjinya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!