Ada Program, Sertifikat Tanah Gratis, Bagi 300 Pelaku UMKM, di Kota Tasik

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Kabar gembira bagi para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) yang belum tanahnya bersertifikat, di Kota Tasikmalaya. Pasalnya kini bisa mendapatkan kemudahan, dalam pembuatan sertifikat tanah, secara gratis.

“Ini program PTSL dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), cuma untuk pelaku usaha saja. Sedangkan, kami hanya membantu saja,”terang Kasie Usaha Mikro Indag Kota Tasikmalaya, Teti, Senin (11/01/2021).

Adapun persyaratannya itu, lanjut Teti diantaranya, potokopi KTP, bukti kepemilikan tanah, lunas PBB, bukti sebagai pelaku usaha, dengan surat keterangan usaha, poto kegiatan usaha dan lainnya.

“Hari ini, baru dibuka pendaftarannya. Bagi para pelaku UMKM, bisa didaftarkan langsung ke Dinas Indag Kota Tasikmalaya dikomplek perkantoran,”ajaknya.

Teti menjelaskan, program tersebut untuk 300 kuota pelaku UMKM, adapun tanah yang akan disertifikatkan itu, maksimal luasnya sekitar 1000 meter. Sedangkan, pengertian gratis itu, apabila semua persyaratnya sudah memenuhi kriteria.

“Ada keuntungan, bila pelaku UMKM memiliki sertifikat tanah. Diantaranya, dapat menjadi agunan untuk meminjam uang sebagai modal usaha. Lalu, peningkatan status tanah punya legalitas hukum, sehingga bisa meningkatkan harga jual,”pungkasnya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!