Hazet, Akan Disulap Seperti Malioboro, Jalan Cihideung Jadi Mall Pedestrian

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Rencananya, Pemkot Tasikmalaya akan menyulap Jalan KH Zaenal Mustofa (Hazet) Kota Tasikmalaya, jadi kawasan seperti Malioboro Yogyakarta. Dilokasi tersebut akan didesain dengan konsep work bisnis historis. Serta juga bakal dihiasi dengan sejumlah kursi lampu, lalu ada pohon hijau, ornamen khas tasik, berupa motif payung, anyaman dan lainnya. Sehingga, nantinya di Hazet bisa menjelma sebagai plaza pedestrian.

Nantinya itu dalam penataannya, bakal ada pelebaran trotoar, diantaranya yang sebelah kiri 4 meter dan kanan 6 meter. Sehingga di Hazet akan steril parkir kendaraan dan solusinya tersebut, bakal ditempatkan di Jalan Pemuda, Mesjid Agung dan lainnya. Serta juga bisa diupayakan bisa kerjasama.Dengan pihak swasta yang punya lahan, untuk bisa menampung sejumlah kendaraan.

“PKL yang biasa mangkal di Hazet, akan diakomodir bisa berjualan.Karena hadirnya pedestrian itu, tidak ingin
menggangu kegiatan mereka,”terang Kabid Jalan dan Jembatan PUPR Kota Tasikmalaya, Sandi Lesmana ST. Saat ditemui, usai pulang studi banding dari Malioboro Yogyakarta, Rabu (30/12/2020).

Adapun, kata Sandi pelebaran trotoar itu, akan dimulai dari arah utara, hingga ke selatan perapatan Jalan Cihideung-Jalan Empang (dekat Asia Toserba).Sedangkan, dijalan Hazet sekarang ini, ada 12 meter dan nantinya jadi 2,75 meter dengan dikali dua ruas jalan.Serta ditambah lajur sepeda 1,5 meter.Sehingga nantinya, dijalan tersebut jadi 6,7 meter untuk dilalui kendaraan.

“Dana untuk penataan Hazet sudah diajukan ke Provinsi Jabar.Dengan pengajuan sebesar Rp 10 milyar.Mudah-mudahan saja bisa terlaksana, penataan tersebut ditahun 2021,”harapnya.

Selain itu, lanjut Sandi untuk jangka panjang, akan ada juga penataan di Jalan Cihideung sebagai kawasan mall pedestrian.Sehingga dijalan tersebut steril kendaraan (kecuali sepeda).Karena, akan dibangun jalan dari batu andesit, kawasan itu khusus untuk digunakan para pejalan kaki saja.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!