Ormas, Temukan Dugaan Pelanggaran Pilkada, Laporkan Saja ke Bawaslu

Kab.Tasik (kilangbara.com)-Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda, meminta Ormas turut melaporkan dugaan pelanggaran selama Pilkada.Karena, Bawaslu awasi KPU, peserta dan pemilih.Paling seksi DPT dan money politik.Hati-hati dengan pelanggaran itu, bisa gugurkan Calon Bupati.

“Kalau Ormas menemukan dugaan pelanggaran, silahkan saja laporkan kepada Bawaslu,”ajaknya.Saat deklarasi jelang kontestasi Pilkada 2020 serentak.Di Ruang Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (11/09/2020).

Ketua KPUD Kabupaten Tasikmalaya, Zam zam Jamaludin mengatakan pelaksanaan Pilkada ditengah pandemi Covid 19 menjadi persoalan serius.Sehingga dibutuhkan kesadaran semua pihak, termasuk Ormas.Agar Pilkada tidak jadi kluster baru penyebaran Covid-19.

Khusus kampanye saat Covid-19, pesertanya dibatasi, tidak ada konvoi tidak ada kerumunan. Tapi hikmahnya, kampanye Pilkada bisa lebih berkualitas secara kuantitas, bukan berkualitas dari jumlahnya.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya, AKP Hario Prasetyo Seni menambahkan hadapi Pilkada, Kepolisian Resort Tasikmalaya memetakan TPS menjadi titik tiga kategori yakni, kurang rawan, rawan dan sangat rawan.Terdapat 33 TPS yang rawan tersebar di beberapa Kecamatan.Ada kategori TPS, kurang rawan, rawan dan sangat rawan. Kurang rawan berarti jaraknya dekat dengan Makopolres.Masyarakatnya kondusif tidak pernah terjadi konflik.Kelompok masyarakatnya tidak terpengaruh.

Rawan jarak tempuh dua jam.Pernah terjadi konflik, gangguan kemanan sedang, parpol bersebrangan dengan pemerintah.Sangat rawan jarak tempuh dari mako tiga jam, biasanya roda empat sulit dan roda dua harus jalan kaki.Atau masih terjadi konglik vertikal. Masyarakatnya cenderung anarkis tidak percaya kebijakan pemerintah ada upaya gagalkan pemilihan.

Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya, Atam Rustam menyatakan melalui deklarasi ini, PCNU menilai adalah langkah atau tanda bahwa pemerintah serius dalam mengadakan Pilkada ini dengan harapan Pilkada berjalan kondusif, aman, tentram dan sehat.(Iwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!