Hindari Kerumunan, H Karna : Wanita & Anak-Anak, Sholat Ied Dirumah Saja

Majalengka (kilangbara.com)-Guna untuk menghindari kerumunan dalam shalat Idul Fitri (Ied) tahun ini.Bupati Majalengka, H Karna Sobahi menghimbau kepada sejumlah wanita dan anak-anak.Supaya bisa melaksanakan sholat tersebut dirumah saja.

“Hal itu untuk mengurangi kerumunan ditengah Covid-19 yang bakal terjadi.Ketika gelaran shalat dilaksanakan.Jadi untuk perempuan dan anak-anak bisa di rumah, saja,”ujarnya, Selasa (19/05/2020).

Karna menjelaskan terkait pelaksanaan shalat Idulfitri di tengah pandemi Covid-19.Pemkab Majalengka secara resmi membuat Surat Edaran (SE).Adapun surat itu menindaklanjuti hasil keputusan Satgas Keagamaan Covid-19 Kabupaten Majalengka.Isi surat tersebut memperbolehkan seluruh umat muslim di Majalengka menggelar shalat Idulfitri di masjid atau musala.

Dia menjelaskan, berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 28 tahun 2020 tentang kailifiat takbir dan salat idulfitri saat pandemi Covid-19.Gelaran shalat Ied dapat dilaksanakan.Namun, tetap berpedoman dengan anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan.

“Saya minta kepada para pemerintah kecamatan dan desa atau kelurahan.Agar melakukan langkah-langkah strategis dalam mengimplementasikan kebijakan tersebut.Tentunya bekerjasama dengan lembaga keagamaan setempat,”pintanya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Majalengka, KH Anwar Sulaeman mengatakan untuk kegiatan silaturahmi, ziarah kubur dan takbir keliling masih tidak diperbolehkan untuk dilaksanakan.
Meski diperbolehkan untuk menggelar shalat idulfitri, tarawih dan jumat.

“Tetap memperhatikan protokol kesehatan.Seperti membawa sajadah masing-masing, memakai masker, tidak bersalaman, memperpendek bacaan shalat dan khutbah.Kemudian, menjaga jarak minimal 1 meter,”paparnya.(Sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!