Tersebar di 37 Desa 10 Kec, BLK Kab Tasik, Adakan Pelatihan Berbasis Masyarakat

Kab.Tasik (kilangbara.com)-Dalam rangka untuk meningkatkan tenaga kerja yang terampil.Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tasikmalaya mengadakan pelatihan dan keterampilan pancari kerja berbasis masyarakat mobile tranning unit (MTU).Tersebar di 37 Desa 10 Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya.Adapun 10 Kecamatan itu diantaranya, Sariwangi, Leuwisari, Mangunreja, Jatiwaras, Taraju, Kadipaten, Cibalong, Cineam, Cipatujah dan Bantarkalong.

“Hari ini pembukaannya di BLK oleh Pak Bupati.Nanti pelaksanaannya digelar dimasing-masing desa.Sedangkan kegiatan pelatihan itu, terbagi 5 gelombang,”ujar Kasubag TU BLK Kabupaten Tasikmalaya, N Sugiarti SIP, Selasa (03/03/2020).

Kata Sugiarti, gelombang pertama akan dilaksanakan, 2-24 Maret, gelombang kedua, 26-18 April, gelombang tiga, 2-24 Juni, gelombang empat, 29-21 Juli, gelombang lima, 27 Juli-21 Agustus.Dalam satu desa itu, ada 16 peserta.Sehingga jumlah total dari 37 Desa itu, ada sekitar 592 peserta.Rata-rata sejumlah peserta tersebut diusia masih produktif.

Jenis pelatihan itu diantaranya, furniture, las listrik, jahit, pengolahan hasil pertanian, bangunan batu, sepeda motor, instalasi listrik dan service hp.Pelatihan itu, 30 persen teori dan 70 persen praktek.Nanti para peserta akan mendapatkan sertifikat.Sedangkan instruktur itu terdiri PNS dan non PNS.

“Tujuannya pelatihan ini, tersedianya tenaga kerja terampil yang bersertifikasi guna untuk meningkatkn taraf hidup.Adapun kegiatan tersebut anggarannya bersumber dari APBN,”pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto minta kepada Kepala UPTD BLK, setelah selesai pelatihan itu.Harus bisa membangun komunikasi dengan peserta.Jangan setelah pelatihan itu langsung berpisah.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!