Akan Audensi, Nasib PKL Belum Ada Kepastian, Hazet Bakal Jadi Pedestrian

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Rencana Pemkot Tasikmalaya, akan menjadikan
Jalan KH Zaenal Mustofa (Hazet) Kota Tasikmalaya. Sebagai, salah satu kawasan semi pedestrian, dengan mengakomodir sejumlah PKL. Ternyata membuat bingung para PKL tersebut. Pasalnya, PKL itu mengaku sampai sekarang ini, belum mendapat kepastian terkait teknis penempatan dari Pemkot Tasikmalaya.

“Kami masih bingung, bagaimana untuk penempatan PKL. Serta, berapa jumlah PKL yang akan diakomodir. Makanya datang ke Indag, tapi Indag juga malah belum tahu. Katanya, teknis tersebut berada di PUPR,”ujar koordinator PKL Hazet, Yana didampingi Hendra dan Ilyas. Usai menyerahkan data para PKL Hazet ke Dinas Indag, Kamis (12/05/2022).

Yana mengatakan, guna untuk mengetahui kepastiannya itu. Pihaknya, akan melayangkan surat permohonan audensi, kepada Walikota Tasikmalaya. Supaya, bisa menghadirkan sejumlah OPD terkait. Diantaranya, PUPR, Dishub, Satpol PP, Indag, Bagian Ekonomi Setda dan lainnya. Sehingga diharapkan nantinya, setelah audensi itu. Bisa ada kepastian, nasib para PKL untuk bisa menempati dikawasan pedestrian.

“Karena sekarang ini, belum tahu berapa kuota untuk PKL dan luas lapaknya. Termasuk, jenis apa saja yang bisa berjualan itu. Pasalnya, PKL yang di Hazet itu beragam jenis berjualannya.
Lalu untuk pengaturan jadwalnya, misalnya untuk yang jualan siang dan malam. Kemudian, nantinya apakah PKL itu mengunakan tenda atau bagaimana,”imbuhnya.

Saat ini, lanjut Yana. Jumlah PKL Hazet dari arah utara hingga Asia Toserba itu, ada sebanyak 78 PKL, mereka beraneka ragam berjualannya ditrotoar kiri dan kanan dan sudah lama. Para PKL itu tergabung dalam, Perkumpulan Kaki Lima Bersama Sejahtera yang sudah mrmiliki legalitas dari Kemenhumkam RI.

“Kami mendukung program Pemkot Tasikmalaya. Dengan penataan Hazet menjadi kawasan pedestrian. Namun tentunya, harus memperhatikan eksistensi sejumlah PKL yang sudah lama mangkal di Hazet,”pintanya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!