Abdul Somad : Hadapi Curah Hujan Tinggi, Kami Siapkan Pengaturan Distribusi Air

Kab.Bogor (kilangbara.com)-Tingginya curah hujan dapat berdampak pada produksi air bersih. Pasalnya tingginya tingkat kekeruhan air, dibeberapa sungai yang terdapat di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Seperti di Sungai Cianten sebagai sumber air dari Cabang Pelayanan Leuwiliang, Sungai Ciliwung sebagai sumber air dari Cabang Pelayanan Kedung Halang dan Cabang Pelayanan Cibinong.

Sehingga, dalam menghadapi situasi tersebut. Perumda Air Minum Tirta Kahuripan itu, telah menyiapkan pengaturan pendistribusian air. Dengan mengawasi produksi air di IPA, agar pengaliran tidak terganggu. Namun jika tingkat kekeruhan air sudah mencapai angka lebih dari 5000 Ntu. Maka produksi air sementara akan dihentikan. Guna mencegah kerusakan pada pompa Intake di IPA. Akibat air baku sudah bercampur dengan lumpur, pasir, dan material lainnya. Serta, mengupayakan petugas operator, bersiaga membersihkan sampah dan lumpur di Intake atau IPA.

Adapun, untuk antisipasi diwilayah Cibinong Perumda Air Minum. Telah berkoordinasi dengan pihak Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Bendungan Katulampa. Guna untuk selalu melaporkan tingkat ketinggian air Sungai Ciliwung. Agar ada antisipasi untuk memenuhi buffer reservoir, saat curah hujan cukup tinggi.

“Dihimbau kepada seluruh pelanggan, agar menampung air bersih terlebih dahulu. Sebagai langkah antisipasi apabila terjadi gangguan pengaliran,”ujar Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Abdul Somad, Jumat (19/11/2021).

Abdul menuturkan, guna untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pelayanan. Pihaknya, telah menyiapkan armada mobil tangki untuk pendistribusian bantuan air bersih. Dengan menghubungi Call Center di nomor 1500-412. Ataupun menghubungi Kantor Cabang Pelayanan terdekat.(Daus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!