Ajak Petani Divaksin, PPL & PPS Dijanjikan, Hadiah Oleh Dinas Pertanian Kab Pangandaran

Pangandaran (kilangbara.com)-Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, menjanjikan hadiah. Kepada PPL dan PPS yang berhasil mengajak, para petani melakukan vaksinasi. Tak hanya itu, petani di Desa yang realisasi vaksinasinya tertinggi pun, bakal diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian. Atau alsintan dari pemerintah.

Kepala Dinas Pertanian Pangandaran, Sutriaman mengatakan, pemberian hadiah itu sebagai bentuk dukungannya dalam upaya percepatan vaksinasi yang sedang digenjot oleh Pemkab.

“Mereka harus bisa mengajak petani di desanya masing-masing. Capaiannya harus lebih dari target,”bebernya. Saat sosialisasi Gerakan Petani Sadar Vaksin di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Cijulang, Jumat (17/09/2021).

Sutriaman menuturkan, pihaknya menargetkan dalam waktu sepekan ke depan (Jumat mendatang) ada 250 petani yang sudah mendapatkan vaksinasi di setiap desa. Namun, Dinas Pertanian juga memperpanjang waktu vaksinasi yang menyasar para petani hingga 4 Oktober 2021. Sementara, untuk penyerahan hadiah dilakukan esok harinya (5 Oktober).

“Jadi nanti pemenangnya itu, mereka (PPL/PPS) di Desa yang capaian vaksinasinya tertinggi. Kami menyiapkan hadiah untuk 3 Juara. Juara 1 dapat Rp 5 juta, Juara 2 Rp3 juta dan Juara 3 Rp 2 juta,”tuturnya.

Kata Sutriaman, berdasarkan data pada Sistem Informasi Penyuluh (SIMLUH), jumlah petani di Kabupaten Pangandaran, tercatat sebanyak 70.000 orang. Sedangkan yang memiliki kartu tani ada 60.000 orang. Adapun, vaksinasi bagi petani merupakan hal penting. Mengingat petani salah satu penggerak ekonomi. Sekitar 70 persen masyarakat di Pangandaran yang mengandalkan hidupnya dari bertani.

Petani juga memiliki keluarga dan rata-rata punya pekerjaan sampingan lain. Hal tersebut yang memungkinkan seorang petani lebih banyak berinteraksi dengan orang lain.

“Pertanian jadi komoditas yang tidak terdampak pandemi. Jadi petani harus kita lindungi dengan vaksinasi. Tapi segala aktivitas selanjutnya harus memakai prokes,”tandasnya.(Age)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!