ODP 116 dan PDP 10, Kota Tasik Resmi Ditetapkan KLB Covid 19

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman yang juga Ketua Tim Crisis Center Covid-19 Kota Tasikmalaya, menetapkan Kota Tasikmalaya.Kini statusnya menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Sampai pukul 10.00 WIB, ODP 116 orang dan yang sehat 18 orang, sisanya pemantauan.Sedangkan PDP, 10 orang, ada 1 orang sudah selesai, 3 sudah pulang tapi masih pemantauan.Hasil laboratorium dari RSHS Bandung dari 5 sampling, 3 negatif sudah ke kota.Serta 1 positif dan 2 negatif.Sehingga, kami sepakat
hari ini, statusnya ditetapkan menjadi KLB,”ujarnya saat konferensi pers dihalaman Bale Kota, Rabu (25/03/2020).

Budi mengatakan riwayat sejumlah pasien tersebut, pernah ke Jakarta dan Yogyakarta.Sehingga dengan
menetapkan KLB itu, pihaknya tidak main-main.Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Terkait kesiapan Pemkot Tasikmalaya sekarang ini, pihaknya menyiapkan ruang isolasi.Diantaranya di RSUD dr Soekarjo, gedung Universitas Perjuangan dan gedung Universitas Siliwangi yang di Rusunawa Kelurahan Mugarsari.

“Adapun untuk dana tanggap darurat itu, kami sudah alokasikan sebesar Rp 2 milyar.Kemudian juga ada dana alokasi kesehatan dan totalnya ada Rp 18 milyar.Selain itu, ada Rp 250 juta dari Baznas untuk Alat Pelindung Diri (APD),”paparnya.

Walikota menghimbau kepada masyarakat, agar menjauhi tempat keramaian.Serta bisa menjaga kesehatan dan jaga jarak.Bahkan semua caffe hanya melayani pesanan pembelian saja.

“Ya sampai sekarang ini, ada keterbatasan petugas medis.Tapi diharapkan nanti bisa rekrut, ada relawan yang ikut membantu.Kalau obat tidak ada kendala, cuma yang urgen itu APD,”pungkasnya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!