Datangi DPRD, PMI Kota Tasik Minta Eksekutif Bantu Mobilisasi Massa Donor Darah

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Sejumlah anggota dari PMI Kota Tasikmalaya mendatangi gedung DPRD Kota Tasikmalaya, Kamis (27/03/2024). Kedatangan mereka itu, guna untuk audensi dengan Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya diruang paripurna.

Ketua PMI Kota Tasikmalaya, H Rahmat Kurnia menyampaikan. Agar, pemerintah bisa membantu memobilisasi massa untuk donor darah. Karena, disejumlah daerah lain begitu mobilisasi dan edukasi masyarakat kaitan pentingnya donor darah begitu gencar dan masif. 

Salah satu contoh di Yogyakarta, tidak hanya dinas dilingkungan Pemda, sampai Khatib dan pemuka agama lainnya juga ikut menyosialisasikan dan menghimbau warganya, agar ikut gerakan kemanusiaan itu. Sehingga, harapannya di Kota Tasikmalaya juga bisa dilakukan gerakan serupa,

“Yogyakarta sudah familiar donor darah, bukan cuma Dinas Kesehatan tapi dinas lain, stakeholder bahkan kalangan para agamawan,”terangnya.

Namun beber Rahmat, di Kota Tasikmalaya pelaksanaan donor darah massal hanya dilaksanakan oleh instansi tertentu. Bahkan masih didominasi oleh instansi vertikal. Seperti, KPKNL, Kantor Pajak Pratama, lebih sering mereka dibanding Pemkot. Paling Satpol PP di Pemkot itu. Justru dinas-dinas pusat sudah terjadwal 3 bulan sekali, termasuk perbankan.

Saat ini, ada 115 keluarga donor darah (KDD) di Kota Tasikmalaya yang menjadi konsentrasi binaan PMI. Ditambah beberapa sekolah, di bawah naungan Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Jawa Barat. Mereka itu, sudah terbiasa memobilisasi siswanya berdonor. 

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, H Murjani sangat apresiasi. Dengan, ide dari PMI dalam memenuhi kebutuhan darah bisa didorong dengan dukungan eksekutif. Salah satunya itu, dengan mengumpulkan stakeholder agar mau menyelenggarakan donor darah.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!