Dibangun Monumen Senilai Rp 129 Juta, Pesawat Tempur Akan Parkir di Taman Kota Tasik

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Dalam upaya untuk memperkaya wajah kota. Dengan monumen ataupun benda yang sangat bersejarah. Kini, Pemkot Tasikmalaya tengah membangun di Taman Kota. Berupa, monumen untuk menempatkan pesawat tempur latih jenis Marceti milik TNI AU yang sarat nilai sejarah. Nantinya, pesawat tempur latih itu, akan diparkir dimonumen tersebut.

“Dana pembangunan monumen pesawat itu sebesar Rp 129 juta. Angggarannya, bersumber dari APBD Kota Tasikmalaya,”ujar Fungsional Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Dinas PUTR Kota Tasikmalaya, Andri Hendriana, Senin (10/04/2023).

Monumen itu, kata Andri Hendriana. Pembangunannya, dikerjakan oleh CV Pusaka Jaya selama 60 hari kalender dan konsultannya, CV Dwi Tunggal Mandiri. Sedangkan, ukuran monumen itu seluas 10 x 10. Guna, untuk menempatkan jenis pesawat tempur tahun 40-an. Dengan ukuran, panjang 8 meter dan lebar 7 meter. Target selesai pembangunannya tersebut, 13 Mei 2023.

“Jarak dari lantai dasar ke pesawat itu, kurang lebih 2 meter. Pesawat tersebut tidak boleh dinaiki, nantinya bakal ada tulisan sejarahnya. Supaya, masyarakat bisa mengenal sepak terjang jenis tempur latih itu,”janjinya.

Pesawat itu, lanjut Andri dibawa dari Yogyakarta. Kemudian, diperbaiki di Bandung dan dibawa ke Lanud Wiriadinata Tasikmalaya. Nanti, kalau siap pembangunannya di Taman Kota, baru bisa langsung ditempatkan. Adapun, saat ini pembangunannya itu baru 3 minggu dikerjakannya.

“Pembangunannya itu, ditanah kosong Taman Kota, jadi tidak menganggu air mancur. Nanti ke depan, pemeliharaannya itu diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup,”bebernya.

Andri berharap, dengan adanya monumen pesawat itu. Tentunya, bisa memperkenalkan sejarah pesawat tempur kepada masyarakat. Serta juga pengenalan jenis pesawat itu, bagaimana perannya dulu. Selain itu, dapat menjadi sarana hiburan baru. Bagi, sejumlah masyarakat Kota Tasikmalaya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!