Tunjuk Konsultan Susun Masterplan, Pasar Cikurubuk Akan Dibangun Refresentatif

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Dalam upaya untuk membangun Pasar Cikurubuk ke depan. Tentunya, diperlukan konsep penataan yang utuh dan terintegrasi sebagai acuan pengembangan Pasar Cikurubuk ke depan. Sehingga, Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya. Kini telah, menunjuk konsultan untuk menyusun Masterplan Pasar Cikurubuk tersebut. Supaya, pasar induk terbesar diwilayah Priangan Timur itu, memiliki bangunan yang lebih refresentatif.

Kepala Bidang Sarana Distribusi Perdagangan Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya, H Ramdan menjelaskan. Masterplan yang disusun oleh konsultan yang ditunjuk itu. PT Alocita Mandiri yang menggambarkan kondisi yang pengembangan Pasar Cikurubuk ke depan. Nantinya, bangunan pasar akan menjadi 2 lantai, pada lantai 1 terdapat kios dan eksisting. Lalu, dilantai 2 terdapat ruang parkir yang luas serta los-los (lapak) untuk menampung PKL yang selama ini berjualan disekitar jalan Pasar Cikurubuk. Bahkan, dilantai 2 juga disiapkan area-area istirahat/bersantai, taman. Serta, cafe lengkap dengan fasilitas jajanan kuliner.

Masterplan itu juga mencakup penataan sarana penunjang yang sifatnya vital. Seperti, alur pasokan air bersih, drainase, IPAL, sarana penanggulangan bencana dan kebakaran juga elevator (lift) untuk barang. Pokoknya, Pasar Cikurubuk 20 tahun ke depan siap bersaing dengan pusat-pusat perbelanjaan lainnya dan tetap akan dicintai warga Kota Tasikmalaya.

“Tentunya dengan bangunan yang lebih refresentatif. Pasar Cikurubuk, bisa nyaman, bersih, indah dan lainnya. Sehingga, dapat membuat para pembeli merasa betah datang belanja,”ujarnya, Senin (26/12/2022).

Karena saat ini, kata Ramdan. Kondisi Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Ternyata, masih jauh dari harapan masyarakat baik pedagang maupun konsumen. Pasarnya sering banjir, kotor, becek dan semrawut sehingga sangat dikeluhkan oleh banyak pihak. Padahal, Pasar Cikurubuk yang merupakan Pasar Rakyat terbesar di Kota Tasikmalaya itu. Telah, memiliki kios sebanyak 2809 unit dan los 50 unit yang tersebar di 10 blok tersebut. Sangat berperan sentral, dalam perekonomian Kota Tasikmalaya. Bahkan, mempengaruhi jalur distribusi barang se-Priangan Timur.

Tentunya, jika kondisi Pasar Cikurubuk dibiarkan seperti itu. Maka, lambat laun akan ketinggalan dan kalah dalam persaingan dunia usaha. Apalagi, semakin tumbuhnya toko-toko swalayan yang menawarkan pelayanan kebersihan, kenyamanan dan estetika yang disukasi oleh konsumen.

“Diharapkan, nantinya setelah Pasar Cikurubuk dibangun lebih refresentatif lagi. Tentunya, bisa menjadi daya tarik tersendiri dan mampu bersaing secara kompetitif dengan pasar modern. Mudah-mudahan saja, semuanya itu dapat cepat direalisasikan,”pintanya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!