Upaya Buka Penerbangan Kembali Bandara Wiriadinata, Pj Walikota Tasik Akan ke Kemenhub

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Pj Walikota Tasikmalaya, Dr Cheka Virgowansyah S.STP menyampaikan. Bahwa, dirinya akan bertemu dengan Kemenhub. Dalam, upaya untuk membuka kembali penerbangan di Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.

“Pada 22 Novemver 2022, saya akan berangkat ke Kemenhub itu. Tentunya, kita ingin seperti dulu lagi. Bahwa, di Tasikmalaya ini ada akses transfortasi jalur udara,”bebernya. Saat, berkunjung ke Dishub Kota Tasikmalaya, Jumat (18/11/2022).

Selain upaya datang ke Kemenhub,
Cheka juga meminta kepada Asda 2 Pemkot Tasikmalaya, H Tedi Setiadi. Agar, segera membentuk tim lintas dinas khusus. Tahapannya, buatkan strategi membuka akses transfortasi dan bisa menemui sejumlah maskapai.

“Pak Asda 2 harus segera pimpin. Bahkan, dalam waktu 2 hari ini, harus sudah beres. Jadi, saya ke Kemenhub dan Pak Asda bisa melobi sejumlah maskapai. Semoga saja upaya itu bisa berhasil,”harapnya.

Sementara itu, Kabid Angkutan Dishub Kota Tasikmalaya, Ajat Sudrajat mengatakan. Awal, penerbangan di Bandara Wiriadinata Tasikmalaya itu, sudah berjalan sejak 2017. Dengan Maskapai Wings Air rute Jakarta-Tasikmalaya pada setiap harinya. Namun terhenti pada 2022, karena ada pandemi Covid-19.

Pasca Covid-19 berakhir, ada keinginan dari Walikota sebelumnya. Agar, bisa dibuka kembali Bandara Wiriadinata tersebut. Lalu, mengirim surat ke Maskapai City Link dan Wings Air. Termasuk juga ke Kemenhub, agar bisa difasilitasi penerbangan kembali. Tapi belum ada perkembngan, lalu diadakan rapat dengan Asda 2 dan staf ahli.

“Kita sudah tawarkan ke Maskapai City Link. Namun belum ada jawabannya, alasan utamanya mereka itu, karena ada keterbatasan pesawatnya dan deman. Kalau, Wings Air sudah tidak membuka rute baru lagi di Pulau Jawa,”ungkapnya.

Asda 2 Pemkot Tasikmalaya, H Tedi Setiadi menambahkan. Dulu, pada waktu beroperasi 2017-2020 itu, sejumlah masyarakat sangat antusias. Naik, Maskapai Wings Air dengan rute Jakarta-Tasikmalaya. Karena, terbukti tiketnya selalu sold out.

Tentunya, sangat disayangkan bila Bandara Wiriadinata sekarang ini menjadi vakum. Padahal, sangat berpotensi sebagai akses jalur udara.
Sehingga, perlu untuk dibuka kembali penerbangannya tersebut.

“Saya berharap untuk mengundang para Kepala Daerah yang ada di Priangan Timur. Tapi, difasilitasi langsung oleh Dirjen Kemenhub. Tempatnya, bisa saja di Gedung BI Tasikmalaya. Semoga, Pak Walikota Tasikmalaya yang akan ke Kemenhub, bisa disampaikan ke Pak Dirjen,”pintanya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!