Ditengah Era Globalisasi, Desa Raharja Pertahankan Tradisi, Lestarikan Seni & Budaya

Banjar (kilangbara.com)-Ditengah gempuran arus globalisasi yang semakin deras.Desa Raharja yang berada di Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar.Tetap kokoh sebagai desa yang kental dengan mempertahankan tradisi guna untuk lestarikan seni dan budaya.

Kasie Pelayanan Kesenian Desa Raharja, Yeni Nuraini menjelaskan desanya itu merupakan desa yang kental dengan seni dan budaya.Baik itu, gamelan, kuda lumping dan lainnya yang terbentuk dalam wadah Paguyuban Raharja Budaya.Dengan Ketua AA Juhara dibawah Binanan Kepala Desa Raharja, Yayat Ruhiyat.

“Kegiatan seni disini, sudah berjalan kurang lebih 5 tahun.Selain itu juga setiap Minggu selalu diselengarakan Pasar Ceplak yang bekerjasama antara Karang Taruna, Paguyuban Raharja Budaya, UKM dan warga,”ungkapnya, Jum’at (27/03/2020).

Terkait Pasar Ceplak itu, kata Yeni menyajikan makanan tradisional seperti Awug, jiwel, pecel, gembus dan lain- Lain.Bahkan guna untuk menyemarakan kegiatan itu, dihibur dengan berbagai hiburan seni tradisional dari Paguyuban Raharja Budaya, maupun elektone Karang Taruna, senam kebugaran dan kesenian lainya.

“Saya berharap kedepan kegiatan ini, bisa mendorong ke arah wisata.Sehingga nantinya bisa menjadi sumber pendapatan desa yang di kelola BUMdes untuk menuju desa mandiri,”pintnya.(Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!