Belum Lelang, Revitalisasi Pasar Pancasila, Senilai Rp 15 Milyar

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Revitalisasi pembangunan Pasar Pancasila, Kota Tasikmalaya. Dengan anggaran bantuan dari Provinsi Jabar, sebesar Rp 15 miliar, belum dilakukan lelang. Pasalnya, saat ini masih dalan proses BPKP untuk review untuk HPS. Karena, HPS pasar itu, termasuk proyek strategis.

“Jadi, belum ada tender, di ULP. Kita menunggu hasil review HPS, terus masuk ke lelang. Ya, mudah-mudahan saja diminggu ini, review HPS selesai,”harap Kabid Sarana Distribusi Indag, Kota Tasikmalaya, Desi Nur, Kamis (10/06/2021).

Alumni STPDN tersebut, menjelaskan tadinya rencana awal itu, setelah lebaran. Tapi, banyak koordinasi dengan pihak luar, terkait HPS itu. Sebab, penentuan HPS, harus direview oleh BPKP. Setelah, koordinasi dengan ULP Barang dan Jasa juga Inspektorat. Tadinya, rencana awal, 9 Juni itu penandatangan kontrak. Namun, sekarang masih proses RKA dengan BPKAD. Masih eksistensi, pola SIPD baru yang masih transisi, dari Sindag ke SIPD.

Sedangkan, revitalisasi pembangunan pasar tersebut, rencananya sampai Desember 2021. Adapun, untuk relokasi sejumlah pedagang, sudah berjalan kios darurat, 8 Juni. Saat ini, sudah dikerjakan untuk ditempatkan dijalan. Jumlahnya tersebut, ada sekitar 300 lebih, diluar PKL. Pengerjaan kios darurat itu, dari pihak ke tiga.

“Kalau terkait relokasi PKL tersebut, bisa langsung ditanyakan ke Pak Kadis Indag. Karena, kalau dianggaran saya, hanya untuk pedagang yang ada didalam saja,”terangnya.

PPTK Revitalisasi Pasar Pancasila itu, menambahkan pembangunan tersebut, tentunya merupakan usulan pada tahun 2020. Hasil, dari kesepakatan sejumlah pedagang. Dengan dibangun dua lantai untuk gedung, sebagai bangunan inti saja.

Diharapkan, nantinya setelah selesai revitalisasi Pasar Pancasila itu. Bisa, menjadi nyaman, baik bagi para pedagang juga bagi sejumlah pengunjung. Sedangkan, terkait dimasa pandemi ini, harus menerapkan prokes. Pasar Pancasila tersebut, akan menjadi salah satu pasar Standar Nasional Indonesia (SNI).(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!