Inilah Target Pembangunan Bidang SDA Dinas PUTR Kota Tasik, di Tahun 2021  

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Daerah Irigasi kewenangan Kota Tasikmalaya memiliki luas 1749 Ha. Terbagi, menjadi 29 daerah irigasi dengan luasan yang berbeda. Adapun, panjang keseluruhan saluran itu sekitar 332,53 km.

Ditahun 2021 ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Tasikmalaya (Bidang SDA). Telah, menargetkan 7,92 km pembangunan jaringan irigasi, lalu 12,54 km rehabilitasi jaringan irigasi, kemudian 15,41 km pembangunan bangunan perkuatan tebing jaringan irigasi. Serta juga sungai dan 1,95 km rehabilitasi bangunan perkuatan tebing sungai.

“Pembangunan tersebut, bersumber dari anggaran Dana Alokasi  Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2021,”ujar Kabid Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Tasikmalaya, Yadi Kusdiman, ST, Senin (18/10/2021).

Kata Yadi, kegiatan rehabilitasi dan  peningkatan diproyeksikan, mampu meningkatkan kapasitas saluran. Sehingga layanan untuk setiap daerah irigasi dapat terpenuhi dan produktivitas sektor pertanian di Kota Tasikmalaya juga bisa meningkat. Termasuk, penanganan dibeberapa titik menjadi prioritas, guna dilakukan dengan tujuan mempertahankan fungsi.
 
Rehabilitasi dan peningkatan jaringan irgasi itu. Salah satunya dilaksanakan pada daerah irigasi Cidukuh. Beberapa sumber dana yang dialokasikan untuk rehabilitasi dan peningkatan di irigasi Cidukuh itu, bersumber dari DAU dan Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat.

1.Sekilas data Daerah Irigasi Cidukuh,
• Sumber air dari Sungai Cimulu
• Lokasi di Kecamatan Tawang dan Purbaratu
• Luas layanan sawah 108 Ha
• Panjang jaringan irigasi = 14,9 km (termasuk saluran primer, sekunder dan tersier )
•Persentase panjang jaringan irigasi  dalam kondisi buruk  =  35 persen dari  panjang  total (tersebar di saluran
primer dan sekunder irigasi)
•Panjang jaringan irigasi yang direhabilitasi Tahun Anggaran 2021 = 500 meter.
 
2.Pekerjaan terbagi dalam beberapa paket pekerjaan, diantaranya : Rehabilitasi jaringan irigasi Cipeusar, Cidukuh Blok Gunung Peundeuy, Blok Madrasah, Blok Cimerak, Cidukuh Nagrak Tawangsari, Cihaji Kidul Sukanagara.
 
Dalam pelaksanaannya, pekerjaan tersebut menyerap tenaga kerja setempat. Adapun, Jenis konstruksi mayoritas menggunakan pasangan batu dengan material hasil produksi lokal.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!