PSBB Distop, Warga Kota Tasik Beraktivitas Normal, Tapi Pakai Protokol Kesehatan

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Walikota Tasikmalaya, H Budi Budiman mengatakan PSBB jilid kedua yang akan berakhir besok, Jumat (29/05/2020) tidak diperpanjang lagi.Sehingga nantinya masyarakat bisa, kembali beraktivitas normal.Tapi tetap harus menjalankan protokol kesehatan.Dengan memakai masker, jagak jarak, cuci tangan juga pola hidup bersih dan sehat.

“Jadi dengan berakhirnya PSBB jilid kedua itu, sudah tidak ada lagi penyekatan jalan.Namun warga tetap harus menjalankan protokol kesehatan,”ujarnya, Kamis (28/05/2020).

Budi menjelaskan dalam evalusi PSBB jilid kedua itu ada beberapa keberhasilan.Diantaranya pasien positif di PCR/Swab kosong, adapun jumlah positif 23 orang itu, awal sebelum PSBB kedua.Kemudian juga dengan adanya penyekatan jalan itu, bisa minimalisir beberapa wilayah dan dapat dikurangi beban kontak langsung.

“Alhamdulillah selama PSBB jilid kedua itu.Kita dinilai oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Jabar.Bahkan Kota Tasikmalaya, kini statusnya berubah.Tadinya zona merah menjadi zona kuning,”ucapnya.

Dengan status kuning itu, lanjut Budi bisa kembali beraktivitas dengan melaksanakan protokol kesehatan.Nanti pihaknya hanya mengawasi disektor perdagangan, hiburan, perkantoran, fasilitas umum dan lainnya.Adapun terkait pendidikan itu, saat ini belum ada keputusan, apakah dibulan Juli atau Agustus.

Sedangkan terkait dengan mewajibkan mengunakan protokol kesehatan tersebut, Budi beralasan sebagai salah satu bentuk antisipasi, jangan sampai terjadi penyebaran Covid-19 digelombang kedua.Sehingga diharapkan adanya juga kesadaran langsung dari sejumlah masyarakat sendiri.

“Ya harus ada kesadaran dari semua pihak, misalnya kalau toko atau rumah makan paling bisa menyediakan maksimal 60 persen.Begitu pun bioskop hanya maksimal tiket 50 persen saja,”paparnya.

Ketika disinggung terkait adanya sanksi, Budi menuturkan pihaknya nanti malam akan rapat untuk persiapan juklak dan juklis terkait hal tersebut.Apalagi guna untuk menyongsong 1 Juni 2020 sebagai era new normal.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!