Jumlah Pendaftar Direkap, Ketua KPU Kota Tasik : Kebutuhan Calon Anggota KPPS 13.979 Orang

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Asep Risnawan SIP mengatakan. Bahwa, jumlah total calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sudah mendaftar. Kini, masih dalam proses direkap bersama dengan sejumlah PPS. Sehingga, pihaknya belum bisa memberikan keterangannya. Terkait, ada berapa total jumlah yang ikut mendaftar jadi calon KPPS itu.

“Hari ini, kami bersama dengan sejumlah PPS. Sedang, merekap jumlah pendaftar calon anggota KPPS di Kantor KPU Kota Tasikmalaya,”ujarnya, saat ditemui diruangannya, Kamis (22/12/2023).

Asep menjelaskan. Dalam perekrutan itu, ada kriteria persyaratan jadi calon anggota KPPS. Diantaranya, usia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun. Selain itu, tidak mempunyai riwayat penyakit seperti stroke, kolestrol dan lainnya. Serta, dalam perekrutan tersebut ada beberapa hal. Diantaranya, tokoh, punya pengalaman, mahasiswa/pelajar, keterwakikan perempuan dan punya keterampilan teknologi.

Sedangkan, jadwal untuk pembentukan KPPS itu. Dimulai, dengan tahapan pengumuman dan penerimaan calon anggota KPPS, 11-20 Desember 2023. Lalu, penelitian administrasi calon KPPS, 11-22 Desember 2023. Kemudian, pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota KPPS, 23-25 Desember 2023, tanggapan dan masukan masyarakat calon anggota KPPS, 23-28 Desember 2023. Selanjutnya, pengumunan hasil seleksi calon anggota KPPS, 29-30 Desember 2023, penetapan calon anggota KPPS, 24 Januari 2024 dan pelantikan calon anggota KPPS, 25 Januari 2024.

Adapun, kalau untuk kebutuhan KPPS yang akan dilantik nanti itu, sebanyak 13.979 orang. Nantinya, mereka ditugaskan dalam 1 TPS itu sebanyak 7 orang. Sedangkan, total jumah TPS yang ada di Kota Tasikmalaya sebanyak 1.907 TPS. Paling, banyak TPS itu berada di Kecamatan Kawalu dan Cipedes.
Nantinya juga dalam 1 TPS tersebut ada 2 Linmas dikali sebanyak 1.997 TPS. Berarti ada sebanyak 3.994 orang dan yang menyiapkan Linmas itu adalah Satpol PP Kota Tasimalaya.

“Terkait, jumlah DPT di Kota Tasikmalaya itu ada sebanyak 538324. Pemilih terbanyak adalah 50 persen Gen Z dan Milenial. Dalam upaya menekan angka golput, awal Desember 2013. Kami, lakukan road show mengadakan sosialisasi, termasuk ke sekolah. Target, partisipasi 87 persen dan ketika koordinasi dengan Pemkot Tasik 90 persen,”ucapnya.

Ketika disinggung terkait logistik, Asep menuturkan. Bahwa, pihaknya sudah menerima perlengkapan sejumlah logistik. Seperti, bilik suara, tinta, surat suara untuk DPR RI dan DPRD Provinsi Jabar dan lainnya. Semuanya itu, kini disimpan digudang di Jalan Perintis Kemerdekaan Kawalu.

“Kalau untuk surat suara untuk DPRD Kota Tasikmalaya, DPD dan Presiden. Rencananya, dikirim, pada bulan Januari 2024. Jadi, saat ini menunggu dulu cetak dari penyedianya, kalau sudah ready pasti segera dikirim,”janjinya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!