Budidaya Talas Pratama di Desa Gunajaya, Kini Sudah Bisa Dipanen

Kab.Tasik (kilangbara.com)-Budidaya talas pratama dilahan sekitar 1 hektar. Di Desa Gunajaya, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Kini, sudah bisa dipanen dan tinggal menikmati hasilnya bagi para petani talas pratama.

“Budidaya ini, salah satu pemberdayaan dari Dana Desa (DD) yang diikuti 40 warga. Serta, ditanam dengan luas tanah sekitar 1 hektar,”beber, Kades Gunajaya, Eli Surahman SP, Jumat (12/05/2023).

Eli menuturkan, budidaya talas pratama itu sudah mulai bisa dipanen. Dengan, rata-rata satu pohon rata rata 3 kg lebih. Sehingga, para petani sudah bisa menuai hasilnya. Bahkan, harganya cukup baik sekarang ini sekitar Rp 5000 sampai 6000/kg. Apabila, dijual ke perorangan bisa sampai Rp 10.000/kg.

“Insya Alloh perkiraan hasil 1 hektar bisa mencapai 30 sampai 50 kuintal. Sedangkan, untuk pemasannya pun sudah ada. Diantaranya, pabrik tepung dan para pedagang keripik talas,”ujarnya.

Eli pun berharap, kepada pemerintah untuk memberikan bantuannya. Berupa, mesin tepung untuk pengolahan hasil talas pratama. Supaya, bisa dikelola oleh warga untuk meningkatkan perekonomian didesanya.(AK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!