Mulai Hari Ini, Sejumlah Tenda PKL Akan Dipermanenkan Dipedestrian Cihideung!

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Sejumlah tenda putih milik para PKL yang berada di Cihideung. Mulai hari ini, Minggu 9 April 2023 akan dipermanenkan tidak dibongkar di Pedestrian Cihideung Kota Tasikmalaya. Sehingga, tadinya PKL yang mau berjualan setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB. Harus selalu saja dibongkar pasang tendanya. Maka sekarang ini, malah lebih praktis. Sebab, tendanya itu tidak harus dibongkar.

“Jadi barang milik para pedagang pun disimpan didalam tenda tersebut. Sehingga, kalau besoknya mau loading itu lebih praktis. Terkait keamanan, ada khusus orang yang menjaganya itu,”ujar PKL Cihideung, Adang, Minggu (09/04/2023).

Dipermanenkannya tenda PKL itu, kata Adang. Berdasarkan, keputusan hasil musyawarah semalam dengan para pengurus warga di RW 04. Sehingga mulai hari ini, sampai dengan malam takbir sejumlah tenda PKL itu tidak dibongkar. Namun, setelah lebaran kembali lagi dibongkar pasang. Jadi permanennya tenda itu, sifatnya hanya untuk sementara saja. Dalam rangka, momentum menjelang lebaran tahun ini.

“Biasanya kan para pedagang itu jualannya pada setiap hari. Mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB dengan dipungut kebersihan Rp 5 ribu oleh pengurus warga RW 04. Nah, sekarang ini bayarnya jadi double. Tadinya Rp 5 ribu menjadi Rp 10 ribu, karena jualannya nambah jadi sore-malam,”bebernya.

Adang pun menjelaskan, alasan sejumlah tenda milik PKL tersebut dipermanenkan. Karena, dimoment jelang lebaran ini merupakan puncak penjualannya itu laris manis. Bahkan, rata-rata omzet para pedagang tersebut naik sekitar 70 persen. Sehingga akan lebih praktis lagi, kalau tendanya itu tidak dibongkar pasang. Apalagi, barang milik PKL itu tetap disimpen didalam tenda. Dengan, melibatkan orang yang menjaga keamanannya tersebut. Terkait untuk penerangan dimalam hari, warga sudah menyediakannya.

“Kalau orang yang menjaganya itu dari ronda dan kuli angkut yang sering ikut bongkar pasang. Bahkan warga juga bisa kontrol, karena biasanya pada pukul 02.00 WIB suka ada yang membersihkan sampah. Sehingga, keamanan untuk tenda dan barang itu pun terjamin. Kemarin, malam juga ada beberapa tenda tidak dibongkar. Nah, pada hari ini semua tenda pedagang dipermanenkan,”janjinya.

Saat ini, tutur Adang. Total jumlah pedagang yang masuk dikomunitasnya itu ada sebanyak 231 PKL. Sekarang ini, yang berjualan menggunakan tenda putih ada sebanyak 177 PKL dan yang berada ditrotoar itu, ada sebanyak 54 PKL. Mereka, selama ini berjualan setiap hari mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan, sore sampai malam harinya disambung oleh warga, berjualan kuliner.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!