Wujudkan Hazet dan Cihideung Bersih, Kini Dilengkapi Tempat Sampah Terpilih

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Dalam upaya untuk menjaga kebersihan dikawasan pedestrian. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya. Kini, telah menyediakan tempat sampah terpilih di Jalan KH Zaenal Mustofa (Hazet) dan Jalan Cihideung Kota Tasikmalaya.

Tentunya kehadiran tempat itu, tidak hanya sekedar mengejar estetika saja. Tapi juga untuk mendorong, agar warga tumbuh kedisiplinannya. Dengan, cara membuang sampah yang dipilah sesuai tempat yang telah ditentukan.

“Kalau yang di Hazet baru dipasang 8 tempat sampah terpilih. Sedangkan, di Cihideung baru 7 tiangnya saja yang sudah dipasangnya itu,”beber Kabid Pengelolaan Sampah DLH, Feri Arif Maulana ST MP, Selasa (22/11/2022).

Feri mengatakan, rencana pemasangan tempat sampah terpilih di Hazet dan Cihideung itu, totalnya ada 33. Terdiri, 15 di Hazet dan 18 di Cihideung. Ukuran
tempat sampah itu, dimensinya 25 × 25 × 60 cm. Total tinggi 80 cm dan bahannya stenles juga pemasangannya tersebut, ditanam dibaud. Adapun, pemasangan tempat sampah itu jaraknya 40 meter. Kalau di Hazet, dari payung ke payung dan di Cihideung daru lampu ke lampu.

Pemasangan tempat sampah terpilih itu, secara bertahap. Serta, sudah dilaksanakan dari 3 hari kemarin. Sedangkan, nantinya sampah yang berada dikawasan pedestrian tersebut. Akan, dibawa oleh motor roda 3 pengangkut sampah, pada setiap hari pukul 08-09 WIB. Serta, nantinya dibawa ka depo yang di Mayasari Plaza dan Dadaha.

“Guna untuk menjaga keamanannya itu, pemasangan tempat sampah terpilih tersebut ditanam. Adapun dana tempat itu, bersumber dari APBD perubahan Kota Tasikmalaya,”ungkapnya.

Feri menambahkan, saat ini pihaknya juga sedang menyiapkan Surat Himbuan dari Sekda. Terkait, dengan himbauan kepada sejumlah pemilik toko, mengenai jadwal pembuangan sampah. Jadi, nantinya pembuangan sampah tersebut, dimulai dari pukul 18.00-07.00 WIB.

“Kalau hari biasa, sampah itu didominasi dari pemilik toko, pedagang, pengunjung dan lainnya. Tapi, jika weekend itu ditambah dengan jumlah pengunjung yang membludak, datang dari luar Kota Tasikmalaya,”ungkapnya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!