Punya Skill, Setelah Ikut Pelatihan, 48 Siswa di LKK Banjar, Siap Untuk Bekerja

Banjar (kilangbara.com)-Punya skil setelah menyelesaikan pelatihan di LKK Kota Banjar. Sebanyak, 48 siswa siap untuk bekerja, bila ada perusahaan yang membutuhkannya. Para siswa tersebut, terdiri 16 orang jurusan perkayuan dan 16 orang jurusan menjahit juga tata kecantikan.

Kepala UPTD LKK Kota Banjar, Doni Ismaya S.IP mengatakan mereka itu, telah mengikuti program pelatihan khursus perkayuan, selama 20 hari, dengan anggaran APBD. Adapun, non boarding yaitu jurusan menjahit mengunakan APBN 2021. Di Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari dan untuk tata kecantikan, di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, selama 22 hari.

Sampai saat ini, pihaknya sudah menempatkan, beberapa orang peserta lulusan LKK yang sudah bekerja. Sesuai dengan keahlianya, seperti menjahit, ada 11 orang. Rencananya, lulusan pelatihan menjahit bulan Juli, sebanyak 6 orang akan segera ditempatkan. Sedangkan untuk perkayuan sekarang ini sedang berjalan.
Pesertanya, secara prioritas kelompok petani hutan yang sudah berjalan. Dengan bekerjasama dengan Dinas Perhutanan Wilayah VII Ciamis.

“Perusahan yang sudah bekerja sama dengan balai pelatihan itu. Diantaranya, Sansan Saudara Textil di Kota Tasikmakaya, perusahaan konveksi di Langensari dan Mekarsari Banjar,”tuturnya, Senin (20/09/2021).

Doni mengajak kepada warga yang berusia 18-40 tahun, baik yang baru lulus pendidikan SMA/ SMK. Serta belum punya keahlian. Silahkan, mendaftar secara online dilink Disnaker atau juga bisa mendaftarkan di program pelatihan MTU Berbasis Kompetensi. Pendaftar, dapat
melalui desa dan kelurahan. Pelatihan tersebut, berupa menjahit, perkayuan, tata kecantikan, perbengkelan, PHP, las dan lainnya.

Korwil Banjar Dinas Perhutani Wilayah VII Ciamis, Rusli menambahkan peserta yang mengikuti pelatihan perkayuan bukan bambu. Diprioritaskan akan selalu didampingi, kedepanya lulusan ini bisa berinovatif, kreatif. Sehingga bisa berkembang untuk membuka usaha secara mandiri atau bekerja pada perusahaan lain.(Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!