Diharapkan, Program P3AI di Desa Cibanten, Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Pangandaran (kilangbara.com)-Program
Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air pada Irigasi Kecil (P3AI). Di Desa Cibanten, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Diharapkan, bisa tingkatkan kesejahteraan sejumlah petani. Karena, melalui pemberdayaan masyarakat tani dalam rehabilitasi irigasi kecil. secara partisipatif di wilayah pedesaan merupakan wujud pemberdayaan masyarakat tani. Secara terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja, pengelolaan jaringan irigasi kecil.

“Program P3A ini, kita kerjakan dengan swakelola yang dilakukan oleh pengurus dan anggota kelompok P3AI Marga Jaya Desa Cibanten,”beber Ketua Kelompok P3A Margajaya Desa Cibanten, Hadi, Jumat (23/04/2021).

Hadi menjelaskan program P3AI tersebut, merupakan bantuan yang kedua kalinya di Desa Cibanten, setelah bantuan yang pertama tahun 2020 lalu. Adapun, pada saat ini P3AI dalam tahap pengerjaan. Bantuannya, pada tahun ini sebasar RP 195 juta, bersumber dari anggaran APBN. Dengan anggaran itu, dibangun saluran irigasi kecil, untuk mengalirkan air ke sawah milik warga, sepanjang 250 meter.

“Alhamdulilah program yang diterapkan kali ini. Dapat mengairi pesawahan seluas 20 hektar dari 35 hektar di Desa Cibanten. Sehingga program P3AI ini sangat bermanfaat. Serta dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, “ucapnya.

Hadi berharap kedepan kelompok P3AI Margajaya Desa Cibanten, bisa mendapatkan kembali bantuan. Sebab, masih tersisa sekitar 500 meter lagi, harus dibangun guna mengairi pesawahan sekitar 15 hektar. Sehingga,
bisa ada bantuan pemerintah lagi, berupa mesin sedot air, buat membantu mengairi pesawahan yang posisinya didataran tinggi, yang sulit dijangkau oleh irigasi.(Age)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!