Menuju Desa Mandiri, Pemdes Mekarmulya, Akan Kembangkan Wisata Jati Forest

Majalengka (kilangbara.com)-Guna untuk menuju desa mandiri, Pemdes Mekarmulya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Tengah memberdayakan para pemuda, BPD, Karang Taruna dan LPM. Untuk merintis sebuah wisata alam yang bekerja sama dengan Perhutani BKPH Majalengka. Bahkan, saat ini sudah mulai dirintis dengan menyediakan bumi perkemahan, arena panahan tradisional, out bond dan penyediaan kuliner tradisional.

Kepala Desa Mekarmulya, Oom Tarkam menjelaskan luas wilayah desa itu, ada sekitar 5.000 hektare yang kebanyakan adalah tanah Perum Perhutani dan HGU, dikelola PG Jatitujuh. Sedangkan tanah milik hanya seluas 253,7 Ha dengan jumlah penduduk 5.000 jiwa. Sekitar 10 hektare akan jadikan kawasan dengan nama Wisata Alam Jati Forest.

“Kami akan kerja bareng dengan Perum Perhutani dan berusaha mengajukan ke Kementrian Desa,”ungkapnya, Jumat (08/01/2020).

Keberadaan Desa Mekarmulya, lanjut Oom berdampingan dengan lahan HGU dan Perum Perhutani. Sehingga menguntungkan bagi warga, karena masyarakat yang tidak memiliki lahan, bisa turut mengelola lahan Perhutani dengan Hutan Pangkuan Desa atau Lemaga Masyarakat Desa Hutan, sebagian kawasan Perhutani juga dikelola lewat PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat).

Wisata itu, diharapkan akan menambah Pendapatan Asli Desa, dari hasil parkir pengunjung, retribusi pedagang jika nantu sudah ramai. Saat ini saja baru tahap sosialisasi, setidaknya setiap minggu sudah ada sekitar 500 orang yang datang dari berbagai daerah.

Ketua LPM Didi Suradi, S.Pd dan Ketua BPD, Warman sangat mendukung dengan adanya Wisata Alam Jati Forest. Karena akan memberikan efek domino positif, terhadap PAD Desa juga kesejahteraan warga sekitarnya.(Sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!