Inovatif, Cegah Covid-19, Kodim 0617 Majalengka, Buat Wedang Sereh Wangi

Majalengka (kilangbara.com)-Ditengah melonjaknya pandemi Covid-19 ini.Masyarakat diimbau tidak lelah menerapkan protokol kesehatan dan selalu daya tahan tubuh.Guna untuk meningkatkan imunitas tubuh tersebut.Kodim 0617 Majalengka telah melakukan terobosan inovatif.Dengan membuat wedang sereh wangi yang terbuat bahan dasarnya dari rempah-rempah.

Komandan Kodim 0617 Majalengka Letkol (Inf) Andik Siswanto mengatakan, cara yang paling efektif dalam mencegah penularan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.Namun, kondisi itu perlu ditopang dengan peningkatan daya tahan tubuh untuk meningkatkan imunitas.

Sehingga, pihaknya mencoba membuat formula baru.Dalam membuat wedang dengan bahan dasar dari sejumlah rempah-rempah.Dengan kandungan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
Diantaranya, kandungan kimia dalam rempah-rempah, seperti jahe, sereh, daun pala, cengkeh, kayu secang.

“Cengkeh itu dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga ketika ada penyakit atau virus masuk, mampu melawannya, tentunya ini bisa menjadi alternatif menjaga kesehatan.Minuman hangat penuh hasiat ini, diberi nama ‘Wedang Uwuh Sugih Mukti’,”ujarnya saat silaturahmi ke sekretariat PWI Majalengka, Rabu (02/12/2020).

Kata Dandim, hadirnya wedang tersebut sekaligus menjadi bagian dari visi dan misi Kodim 0617/Majalengka, melalui program ‘Sereh Wangi Sugih Mukti’.Karena dalam proses pembuatannya memberdayakan masyarakat setempat.Guna untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga selain pemberdayaan ekonomi.Bahkan saat ini, menjadi percontohaan di Kemendikbud RI dan tahun depan Majalengka akan menjadi percontohan bagi kota dan kabupaten di daerah lain.

“Melalui program Sereh Wangi Sugih Mukti ini, kami terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung ketahanan pangan, ekonomi dan kesehatan masyarakat Kabupaten Majalengka Raharja,”jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga saat ini tengah merancang konsep kampung kuliner di tengah hutan yang lokasinya di Desa Bayureja Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka.Nanti di kampung kuliner tersebut, akan menyediakan makanan tradisional termasuk sarana dan prasananya. Sehingga diharapkan bisa menjadi kuliner khas Majalengka dan icon baru.(Sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!