Kader HIPMI, Harus Jadi Lokomotif Budidaya Porang di Majalengka

Majalengka (kilangbara.com)-Ketua bidang pertanian BPC HIPMI Kabupaten Majalengka, Yana Nurdiana.Berharap semua kadernya harus jadi lokomotif budidaya porang di Majalengka.Dalam upaya mewujudkan menuju kemandirian petani.Serta kemandirian pangan, terutama tanaman porang.

“Tanaman porang yang jarang ditanam dan dikenal petani, ke depan bisa menjadi salah satu tanaman unggulan,”ujarnya saat sosialisasi tentang restorasi tanah untuk pertanian organik.Di Sekertariat Lumbung Petani Kita, Desa Payung Kecamatan Rajagaluh, Senin (24/08/2020).

Yana mengatakan tanaman porang sangat cocok untuk ditanam didaerah Majalengka.Karena udaranya dingin, terutama di Desa Payung dan Desa Teja adalah wilayah endemik tanaman porang.Adapun sistem yang diterapkan dalam pemberian bibit tersebut.Yakni dengan sistem plasma, dengan memberikan modal bibit dan dibeli hasilnya.Adapun, harga umbi tanaman porang dibeli Rp 8.000 per kilogram.

“Budidaya tanaman porang ini bisa menjadi salah satu alternatif, sumber mata pencaharian bagi warga.Bahkan bisa menjadi cikal bakal pengembangan ke daerah lainnya,”tuturnya.

Sementara itu, pemateri dari Universitas Indonesia, Prof Nur Arif, P.hd, mengatakan porang adalah jenis tanaman yang sedang jadi pembicaraan banyak kalangan.Selain petani juga para pengusaha export sedang memburu tanaman porang ini

“Porang bahan bakunya, banyak kegunaannya, selain untuk makanan yang sangat menggiurkan harganya.Bahkan di Jepang, banyak digunakan bahan kosmetik dan baku lem,”pungkasnya.(Sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!