De Tjolomadoe, Bekas Pabrik Gula Disulap, Jadi Destinasi Wisata Menarik

De Tjolomadoe, sebuah pabrik tua bisa disulap menjadi destinasi wisata menarik dengan difungsikan sebagai museum.Seperti dikutip holamigo.com, tempat itu berdiri di atas lahan seluas 6,4 hektar di Jalan Adi Sucipto No.1, Kabupaten Karanganyar (Solo).

De Tjolomadoe sudah dibuka untuk umum pada akhir tahun 2018.Proses revitalisasi bangunannya sudah berlangsung sejak tahun 2017.Perancangan museum ini, sukses menghilangkan kesan pabrik tua yang kotor.Taman di sekitar bangunan pabrik itu, pun ditata secara rapi dan cantik.

Ketika memasuki halaman, dapat melihat penanda berupa tugu huruf-huruf besar bertuliskan DE TJOLOMADOE berwarna merah.Jika malam hari, lampu-lampu temaram dinyalakan di sekitar taman, menambah suasana taman menjadi hangat.

Selain museum, De Tjolomadoe juga memiliki sebuah concert hall yang dapat menampung hingga 3.000 orang. Sejumlah musisi dan dalam dan luar negeri pun pernah menggelar konser di hall tersebut sejak awal dibuka.Tidak perlu khawatir dengan cuaca panas di daerah ini.

Karena bangunannya memiliki struktur bangunan yang tinggi dan dilengkapi dengan pendingin ruangan.De Tjolomadoe juga menyediakan kafe dan toko souvernir yang dapat disinggahi setelah lelah berkeliling di dalam museum.

Ditempat itu juga banyak sekali spot foto yang sangat instagramable.Tak heran banyak anak muda yang mengunjungi museum ini untuk berswafoto.Adapun untuk harga tiket masuknya hanya Rp 25.000, sedangkan bukanya mulai pukul 10.00-21.00 WIB.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!