Walikota Tasik : Sudah Diusulkan, Agar Jalan Tol, Bisa Minimalisir Pemukiman

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Rencana Jalan Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) yang akan melintasi Kota Tasikmalaya.Bakal berdampak terhadap sejumlah pemukiman padat milik masyarakat.Disejumlah kecamatan yang ada di Kota Tasikmalaya.

“Kami sudah mengusulkan ada beberapa alternatif.Tapi relatif tidak merubah trase secara umum.Namun semua kebijakan, tetap ada di Kementrian PUPR,”ujar Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman, usai Musrenbang di BPBD, Selasa (18/02/2020).

Kata Budi, usulan itu sebagai upaya guna untuk minimalisir pemukiman padat, terkena dampak.Tapi tentunya bisa nyambung lagi ke jalan tol tersebut.Karena dari sisi biaya pun juga sangat besar.Apalagi penyelesaiannya itu, perlu sosialisasi.

“Kita memiliki poto citra yang lebih detail.Tentang daerah mana sebagai alternatif yang bisa dilintasi.Adapun pemukiman padat itu, ada di 4 Kecamatan diantaranya, Mangkubumi, Kawalu, Tamansari dan Cibeureum,”bebernya.

Sebelumnya, dalam konsultasi publik di Aula Kecamatan Tamansari, Lupi Hadinata konsultan penyusunan dokumen amdal menuturkan.Tahap awal untuk estimasi kebutuhan lahan di Kota Tasikmalaya itu, sekitar 175 hektar.Namun masih dalam proses dan saat ini dalam tahap kajian terkait kelayakan lahan dan amdal.

“Jadi saat ini masih pra studi desain awal, belum spesifik.Masih tahap proses penyusunan tanah, pendataan awal konsultasi publik.Rencananya pengerjaannya jalan tol itu, pada 2021 dan beroperasi 2024,”imbuhnya.

Sementara dalam kesempatan sama, Mintari dari PT Jasa Bina Marga menambahkan saat ini masih belum ada Penentuan Lokasi (Penlok) dari Gubernur Jawa Barat.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!