Wali Kota Banjar Bangga, Punya Gedung Perpustakaan Diresmikan Kepala Perpusnas RI

Kota.Banjar (kilangbara.com)-Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando. Bersama, Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih meresmikan secara langsung, gedung layanan fasilitas perpustakaan di Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (17/03/2023).

Gedung perpustakaan yang baru selesai dibangun itu, memiliki 4 lantai dengan mengadaptasi ruang layanan Perpustakaan Nasional. Yakni, terdapat tangga yang didesain sebagai tempat duduk untuk para pengunjung.

Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando mengatakan. Dengan adanya gedung layanan itu. Tentunya, masyarakat bisa mendapatkan akses informasi yang terbaru.

“Dengan fasilitas baru ini, ada peluang bagi masyarakat untuk mendapat akses informasi terbaru dan lengkap. Karena, kita tentunya akan berkolaborasi dalam transformasi digital,”terangnya.

Kata Muhammad Syarif Bando, fasilitas yang diresmikannya itu. Hanya, berbentuk infrastruktur yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp 10 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Fasilitas yang diresmikan saat ini, murni baru infrastruktur. Kita lihat bukunya juga masih kurang, sarana dan prasarananya. Memang, kami punya program untuk pengadaan mebeler dan koleksi sebesar Rp 1 miliar, dan yang telah dibangun ini diusahakan menjadi prioritas mudah-mudahan 2024 bisa dapat,”harapnya.

Muhammad Syarif Bando menjelaskan, selama tahun 2022 tercatat ada sebanyak 60 gedung layanan fasilitas perpustakaan daerah yang diresmikannya tersebut. Pada, tahun 2022 ada sekitar 60 yang diresmikan. Karena, memang anggarannya itu kecil hanya sebesar Rp 500 miliar dan tidak semuanya kebagian, seperti Kota Banjar ini.

Sementara itu, dalam transformasi digital Perpusnas RI. Telah, menyediakan sebanyak kurang lebih 12 juta konten dalam bentuk footage untuk jurnal ilmiah internasional.

“Ya tadi kita launching sebanyak 12 jurnal ilmiah internasional yang dibutuhkan oleh civitas akademi, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Kemudian, ada kurang lebih 1,3 juta buku footage untuk mata pelajaran yang juga diedarkan oleh Kemendikbud dan Kemenag,”paparnya.

Terpisah, Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih mengatakan. Rasa bangga dan terima kasih dengan adanya gedung layanan fasilitas perpustakaan daerah itu. Tentunya, diharapkan dapat dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat.

“Hari ini kita punya gedung baru dan diharapkan dapat dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat. Seperti, disampaikan Kepala Perpusnas RI. Bahwa, literasi itu sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia,”imbuhnya.

Karena menurut Walikota. Dengan literasi sumber daya manusia dapat meningkat. Serta, menumbuhkan ide-ide kreatif untuk menciptakan suatu inovasi.

“Dari banyaknya literasi dan membaca. Kita, harapkan masyarakat ini muncul ide kreatif untuk berinovasi. Dengan memanfaatkan kekayaan yang ada di setiap desa dan kelurahan,”pungkasnya.(Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!