Mau Sedot Tinja Harga Murah, Hubungi UPTD SPALD Kota Tasik, Sabtu-Minggu Dilayani

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Bagi sejumlah warga yang mengeluh septic tanknya bermasalah. Kini tidak perlu kuatir lagi, solusinya tinggal langsung saja menghubungi. UPTD SPALD Dinas PUTR Kota Tasikmalaya. Di Jalan Noenoeng Tisnasaputera, Kota Tasikmalaya (Komplek Bale Wiwitan).

UPTD SPALD memberikan pelayanan sedot WC. Dengan harga yang murah, dibandingkan dengan pihak swasta. Bahkan, layanannya itu sangat profesional dan sigap. Dalam, memberikan pelayanan ke masyarakat secara berkualitas dan memuaskan.

Adapun tarif untuk retribusi jenis pelayanannya itu, ada dua jenis. Diantaranya, penyedotan tinja panjang selang maksimal 10 meter. Dengan, klasifikasinya itu, 0 m3 sampai 3 m3, tarifnya hanya Rp 200 ribu per tangki. Lalu, penyedotan tinja panjang selang lebih dari 10 meter. Klasifikasinya tersebut, penambahan selang hanya sebesar Rp 3 ribu per meter.

Tarif retribusinya itu, berdasarkan Peraturan Walikota Tasikmalaya Nomor 48 Tahun 2019. Tentang, perubahan tarif retribusi penyedotam kakus dalam Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 5 Tahun 2011.

“Silahkan saja, bisa menghubungi ke call center dinomor 082120198733. Kami melayani setiap hari, bahkan Sabtu-Minggu. Terkecuali, pada Jumat itu libur pelayanannya, kita punya 3 armada,”ujar Kepala UPTD SPALD, Supriyanto ST, Jumat (03/02/2023).

Pria asal Solo itu menyampaikan, bila ada warga yang ingin dilayani. Bisa lewat telepon ataupun datang langsung. Kemudian, ditanya jarak dari rumahnya ke parkir mobil tangki milik UPTD SPALD. Karena, maksimal pompa kuat sedotnya hanya 50 meter saja.

Selanjutnya, apakah septic tanknya itu tinja atau lemak. Sebab, pihaknya hanya melayani sedot tinja saja. Kalau sudah dipastikan tinja, lalu diverifikasi untuk dilakukan penyedotan. Serta, bisa dijadwalkan dan dikonfirmasi ke pemilik rumah tersebut.

“Selama ini paling banyak penyedotan tinja itu, disejumlah perum. Tapi ada juga dirumah warga lainnya. Termasuk di hotel, rumah sakit, pabrik, rumah ibadah, hotel dan lainnya. Penyedotan tinja yang benar itu dilakukan 2-3 tahun. Selama ini, sebanyak 62 persen masih mengunakan cubluk,”terangnya.

Pembuangan tinja itu, lanjut Supriyanto. Nantinya, dibawa ke Instalasi Pembuangan Limbah Tinja (IPLT). Di Kelurahan Singkup, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya. Tinja tersebut, akan diolah untuk memisahkan padat dan cairan. Lalu, dikeringkan bisa digunakan kompos dan air stabilitasnya oleh bakteri.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!