Dinas LH Kota Tasik, Jadi Contoh Bagi Pengelolaan Sampah di Garut

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Tasikmalaya. Kini, telah menjadi contoh dalam pengelolaan sampah, bagi Kabupaten Garut. Pasalnya selama ini, pengelolaan sampah di Kota Tasikmalaya tersebut, dianggap sudah berjalan bagus. Sehingga, mereka datang untuk mengetahuinya.

“Kami ke sini ingin mengetahui pengelolaan sampah dan B3. Termasuk juga anggarannya, jumlah armada, tenaga kebersihannya, terus apakah sudah kerjasama dengan pihak ketiga dan lainnya,”ujar Sekretaris Komisi 2 DPRD Kabupaten Garut, Riki. Usai kunjungan kerja ke Dinas LH Kota Tasikmalaya, Selasa (17/05/2022).

Politisi tersebut menuturkan, setelah pihaknya bertemu dengan Sekdis Dinas LH Kota Tasikmalaya, Dudi Holidi. Terkait, untuk anggaran pengelolaan sampah itu. Ternyata, nilainya itu sebesar 10 milyar. Selain itu, memiliki 42 armada, ada sejumlah THL yang bergerak untuk kebersihannya. Sehingga, dalam pengelolaan sampah itu, dinilai sudah bagus.

“Sistim kepegawainya juga bagus, ada THL dengan gajinya. Lalu, untuk operasional armadanya itu, sekitar Rp 5 milyar. Jadi, kami bisa memetiknya jadi contoh untuk diterapkan di Garut. Apa yang sudah dilakukan oleh Dinas LH Kota Tasikmalaya ini,”ungkapnya.

Ditempat sama, Sekdis Dinas LH Kota Tasikmalaya, Dudi Holidi mengatakan. Pihaknya, kedatangan sejumlah anggota DPRD Komisi 2 Kabupaten Garut yang melakukan kunjungan kerja. Mereka ingin mengetahui, pengelolaan sampah dan B3. Lalu, anggarannya, jumlah armada, terkait kerjasama dengan pihak ketiga dan lainnya.

“Kalau, jumlah sampah yang ada di Kota Tasikmalaya, dalam 1 hari mencapai 100-200 ton. Terkait dengan pihak ketiga, kami sedang melakukan kerjasama dengan PT Sela dan PT Global,”pungkasnya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!