Orang Tuanya Meninggal, Terpapar Covid-19, Ada 5.642 Anak Yatim di Jabar

Majalengka (kilangbara.com)-Berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos) Jabar, hingga 1 September 2021. Ada, sebanyak 5.642 anak menjadi yatim, piatu ataupun yatim piatu. Mereka, kehilangan orang tuanya yang meninggal dunia, karena terpapar Covid-19.

“Anak itu, berasal dari rentang usia balita hingga SMA,”ujar Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Dra. Hj. I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka, MSi. Saat menyerahkan bantuan untuk anak yatim yang orang tuanya meninggal. Karena, Covid-19 di Aula Kecamatan Majalengka Sabtu (04/09/2021).

Jumlah itu, kata Gusti Agung berbasis data dari Dinsos dan data dari Kab / Kota, DP3AKB Prov dan Kab/Kota. Dengan, melakukan input data pada sistem rapid pro Kemen PPPA, yang sampai saat ini masih berlangsung. DP3AKB sendiri saat ini, akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah. Ditingkat Kabupaten/Kota, melalui dinas urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kemudian OPD provinsi lintas sektor, dalam rangka pendataan dan penanganannya.

“Adapun, di Kecamatan Majalengka terdapat 23 anak yatim yang mendapatkan bantuan. Per anak yatim diberikan uang santunan sebesar Rp. 200.000 berikut sembako,”terangnya.

Ditempat sama, Asda 1 Pemkab Majalengka, Rd.H.Umar Ma’rup mengatakan, di Kabupaten Majalengka sendiri. Telah, dianggarkan bansos raharja selama 3 bulan dari APBD Kabupaten Majalengka, sebesar Rp 300.000 per KK.(Sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!