Ini Respon Sekda, Pasca Warga Cihideung, Berharap Agar PKL Tidak Pakai Gerobak

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Pasca pembongkaran, sebanyak 46 gerobak dari total 311 gerobak, milik para PKL di Jalan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Rabu malam (18/08/2021). Hingga, akhirnya muncul aspirasi sejumlah warga Cihideung yang berharap. Supaya, PKL tersebut berjualannya, tidak lagi mengunakan gerobaknya.

Kini, mendapat tanggapan dari Sekda Kota Tasikmalaya, Drs H Ivan Dicksan. Mantan Kadis PUPR tersebut mengatakan sesuai dengan Perwalkot Nomor 60 Tahun 2015. Para, PKL itu tidak boleh secara permanen, menyimpan gerobaknya di Jalan Cihideung. Mereka, hanya diperbolehkan berjualan dari pagi, hingga sore. Setelah itu, gerobaknya harus langsung dibawa pulang. Tapi, realitanya justru gerobak itu, malah permanen disimpan dilokasi.

“Terkait gerobak itu ke depan, kami akan menata kembali, agar PKL di Jalan Cihideung itu, supaya tidak kumuh. Pasalnya, Pemkot Tasikmalaya akan menjadikan Cihideung sebagai areal pedestrian. Salah satunya itu, dengan melebarkan trotoar kiri-kanan 5 meter. Nanti, akan melakukan sosialisasi ke warga, bagaimana konsep Pemkot Tasikmalaya itu, supaya tidak ada yang dirugikan, saya sudah tugaskan kepada Pak Kadis Indag,”janjinya. Usai menghadiri salah satu acara di Fave Hotel, Jumat (20/08/2021).

Sebelumnya, Rabu malam (18/08/2021)
Ketua RT 03 RW 04, Suyan berharap agar para PKL itu, berjualan tidak mengunakan gerobaknya. Pasalnya selama ini, malah membuat kumuh. Tapi, kalau mau berjualan silahkan, namun kalau bisa seperti dulu, tidak ada gerobak disimpan disini. Cukup, mereka berjualan pakai bangku atau tenda yang simple saja, dari pagi hingga sore, lalu sore dirapihkan. Sehingga Jalan Cihideung pun, bisa kembali bersih.

Menurut Suyan, selama ini sejumlah warganya prihatin, melihat Jalan Cihideung malah disulap menjadi kumuh. Sehingga, kehadiran gerobaknya itu, justru malah menganggu sejumlah warganya. Apalagi, ketika ada warga yang meninggal dunia, karena aksesnya terhalang oleh gerobak. Tentunya, keluhan itu, sudah disampaikan, kepada Kelurahan dan Kecamatan, meski hanya secara lisan saja.

“Ya, ini aspirasi dari sejumlah warga disini, mudah-mudahan saja, bisa didengar langsung oleh Pak Plt Walikota Tasikmalaya. Supaya, di Jalan Cihideung tidak ada lagi, PKL yang berjualan mengunakan gerobak, cukup pakai bangku atau tenda yang simple, agar mudah bongkar pasang,”pintanya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!