Ditolak Warga, dr Uus : Jangan Kuatir, RS Dewi Sartika, Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Buntut adanya penolakan dari sejumlah warga di Kecamatan Kawalu. Terkait rencana RS Dewi Sartika akan jadi tempat isolasi, pasien Covid-19. Kini mendapat tanggapan langsung, dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat.

Mantan Kepala Puskesmas Purbaratu itu, minta masyarakat jangan kuatir dengan rencana tersebut. Karena pemerintah pun tidak gegabah untuk menetapkan
RS Dewi Sartika tersebut. Pasalnya sudah dilakukan berbagai kajian, mulai dari aspek keamanan, sarana, tenaga kesehatan, alat kesehatan dan lainnya. Sehingga, semuanya itu sudah dilakukan kajian.

“Terkait, belum ada sosialisasi.Tentunya itu merupakan tahapan, karena sedang berjalan, kita sudah kirim surat ke Kecamatan Kawalu. Rencananya besok, Selasa (19/01/2021) akan ada sosialisasi ke masyarakat,”terangnya, Senin (18/01/2021).

Kata Uus, adanya penolakan dari warga tersebut sebagai misinformasi saja. Karena dikiranya besok atau lusa, RS Dewi Sartika itu, digunakannya. Padahal semuanya butuh tahapan yang sedang berjalan. Tentunya, semua tahapan pasti ditempuh, termasuk juga untuk sosialisasi dan edukasi kepada sejumlah warga sekitarnya.

“Tempat isolasi ini, bukan yang pertama kalinya, karena sebelumnya juga dilakukan di Rusunawa dan Hotel Crown.Saat ini ruang isolasi yang ada di Kota Tasikmalaya, sudah tidak mencukupi lagi, seiring bertambahnya pasien. Sehingga akan mengunakan RS Dewi Sartika,”ungkapnya.

Uus menjelaskan, target RS Dewi Sartika akan jadi tempat isolasi, pasien Covid-19 itu, minggu depan. Adapun jumlah pasien yang bakal ditampungnya tersebut, sekitar 60 orang/60 kamar. Masyarakat jangan kuatir berlebihan, dengan dampak penularan dari sejumlah pasien. Sebab, penularannya itu, bukan air bone, tapi dari droplet dan pasien pun, tidak kemana-mana.

“Jangan kuatir limbah, karena sudah disiapkan IPAL, termasuk cek infrastruktur, Alkes, tenaga kesehatan dan lainnya. Mari kita dukung program kemanusiaan ini, kalau butuh informasi silahkan datang saja ke Dinkes, jangan mencari dari sumber yang tidak jelas,”pintanya.

Sebelumnya, dilangsir kilangbara.com. Gibas Sektor Kecamatan Kawalu bersama dengan sejumlah masyarakat, sudah menyatakan penolakan RS Dewi Sartika, akan dijadikan sebagai tempat ruang isolasi sejumlah pasien Covid-19. Alasannya, selama ini tidak ada sosialisasi kepada warga.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!