Ali : Jangan Punya Stigma Buruk, Terhadap Pasien Positif Covid-19

Majalengka (kilangbara.com)-Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka, H Alimudin.Himbau kepada sejumlah masyarakat, agar jangan punya stigma buruk, terhadap pasien positif Covid-19.Karena setiap orang sama berpotensi terpapar virus tersebut.

“Orang yang positif Covid-19 itu, bukan aib dan tidak pandang bulu.Semua orang berpotensi terpapar.Mari kita berikan edukasi kepada masyarakat serta dukungan moril bagi yang terpapar,”ujarnya, Jum’at (07/08/2020).

Menurut Ali, perlu diluruskan munculnya fenomena sosial yang memperparah.Dengan stigma sosial terhadap seseorang atau sekelompok orang yang mengalami gejala berupa diskriminasi, perlakuan berbeda dan pelecehan status.

“Yang perlu dihindari itu adalah pencegahaannya, agar kita tidak tertular, bukan memberikan sanksi sosial bagi orang yang terkena virus.Pasien Covid-19 pasti merasa tertekan secara mental, maupun psukologis dimasyarakat,”imbuhnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, H Eman Suherman menuturkan upaya dalam meminimalisir stigma negatif Covid-19 dimasyarakat, perlu membangun komunikasi yang baik dengan semua pihak.

“Pemberitaan media terkait informasi yang utuh soal penularan virus, sering tidak sampai ke masyarakat.Tentunya itu, sangat mempengaruhi stigma terhadap orang.Baik itu kontak erat, suspek, probable juga terkonfirmasi,”pungkasnya.(Sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!