HIPMI Kota Tasik : Rencananya Pasar Pancasila Akan Jadi Industri Kreatif Anak Muda

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Dalam upaya untuk mendekatkan anak muda dengan pasar tradisional. Kini, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Tasikmalaya. Punya ide inovasi, supaya Pasar Tradisional Pancasila bisa disulap untuk dimanfaatkan. Sebagai, salah satu ruang industri kreatif anak muda.

Karena, selama ini pasar tradisional itu biasanya hanya dikunjungi oleh emak-emak. Bahkan, selalu identik dengan becek, bau, kotor dan lainnya. Namun, bila disulap menjadi ruang industri kreatif anak muda. Tentunya, akan berubah menjadi salah satu tempat tongkrongan kreatif yang keren dan inovatif.

“Kami melihat peluang besar di Pasar Tradisional Pancasila. Ada ruang untuk dimaksimalkan, bisa mengarap industri kreatif anak muda,”beber Ketua Terpilih HIPMI Kota Tasikmalaya, Arif Hidayat Putera, Selasa (04/07/2023).

Kata Arif, jadi nantinya hadirnya pelaku industri kreatif itu, bisa kolaborasi dengan pedagang pasar tradisional. Supaya tidak berbenturan, pelaku industri kreatif anak muda itu, bisa ditempatkan dilantai paling atas. Sedangkan, para pedagang tradisional tetap berada dilantai bawah. Sehingga, ada keunikan Kota Tasikmalaya itu. Pasalnya, ada pasar tradisional dapat berkolaborasi dengan industri kreatif anak muda.

Para pelaku industri kreatif anak muda itu. Tentunya, bisa diisi oleh tenant para pelaku UMKM. Mulai dari kuliner, cloting, live musik, event-event dan lainnya. Sehingga, anak muda bakal datang dan pasar akan semakin meriah. Termasuk juga sektor retribusi parkir kendaraan, akan meningkat. Kolaborasi seperti itu, sudah berjalan di Pasar Kosambi Kota Bandung.

“Itu baru rencana saja. Karena, kami belum diskusi dengan Dinas Indag terkait regulasi dan tekniknya. Namun mudah-mudahan bisa segera terwujud, karena rencana ini merupakan salah satu program dari HIPMI Kota Tasikmalaya,”imbuhnya.

Owner Kopi Siloka itu menuturkan. Bahwa, untuk follow up rencananya tersebut. Dirinya, kini tinggal menunggu dulu pelantikan sebagai Ketua Terpilih HIPMI Kota Tasikmalaya. Karena, kemarin dalam Muscab HIPMI Kota Tasikmalaya, baru saja terpilih. Setelah itu, baru ngabret bisa berdiskusi langsung dengan Pj Walikota Tasikmalaya, Dr Cheka Virgowansyah.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!