Tak Pakai Masker, 126 KTP Warga Kota Tasik Ditahan, Lalu Dikenakan Sanksi

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Tidak memakai masker saat bepergian, sebanyak 126 warga Kota Tasikmalaya.Terpaksa dikenakan sanksi oleh petugas dari Penindak Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).Ketika, mengelar razia masker protokol kesehatan.Diperapatan arah jalan Pasar Cikurubuk-Paseh-Selaawi, Selasa (01/09/2020).

“Ya mereka kami tindak, karena tidak mematuhi memakai masker,”ujar Padal Tim Gugus Tugas 1 Penindak (AKB) Kota Tasikmalaya, Kapten Agus Rahmat.

Kata Agus, warga yang tidak memakai masker tersebut.Ditahan KTP nya, lalu didata identitasnya, kemudian diberikan pilihan, mau sanksi sosial diantaranya menyapu, mencabut rumput atau sanksi fisik berupa push-up 20 kali ataupun mau bayar denda Rp 50 ribu.Setelah, selesai melakukan hal tersebut, baru KTP nya bisa diambil kembali dan diberikan masker oleh petugas.

“Kalau ada yang memilih bayar denda, silahkan transfer ke bank.Lalu bawa bukti resinya, setelah itu KTP bisa diambil kembali,”bebernya.

Agus menjelaskan nilai denda Rp 50 ribu itu, sesuai dengan Perwalkot.Adapun, uang itu disetorkan langsung ke bank, nantinya masuk ke kas daerah.Pihaknya hanya sekedar untuk menahan KTP saja.Sedangkan terkait, pelanggar wajib memakai rompi itu, supaya ada efek jera saja.Agar, masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan, dalam upaya untuk pencegahan pandemi Covid-19.

Perwira tersebut, menambahkan dalam razia tersebut, ada seorang ibu yang tidak mau dikenakan sanksi.Bahkan coba-coba memberikan uang Rp 20 ribu ke petugas.Namun, langsung ditolak, lalu dia pun mengeluarkan uang Rp 50 ribu.Petugas pun, memberikan arahan agar membayarnya melalui bank, bukan ke petugas.Nanti, kalau sudah transfer ke bank, KTP nya bisa diambil kembali.

“Kami hanya menahan KTP saja, kalau mau bayar silahkan ke bank.Razia ini, sudah berjalan dari 10 Agustus 2020 hingga hari ini, besok kita ke Pasar Pancasila,”janjinya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!