PSBB Diperpanjang, Walikota Tasik : Penyekatan Jalan Akan Ditambah

Kota.Tasik (kilangbara.com)-Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan PSBB yang akan berakhir besok, Selasa (19/05/2020).Bakal segera diperpanjang mulai 20-29 Mei 2020.Hal tersebut akan dilakukan guna untuk mencegah penyebaran Covid-19.Apalagi Kota Tasikmalaya saat ini sudah masuk sebagai zona merah.

Dalam PSBB kedua itu, juga akan diperluas penyekatan jalan yang berada di KH Zaenal Mustofa (Hazet) dan di Jalan Pasar Wetan.Termasuk juga diwilayah Kecamatan Tamansari, karena sudah terjadi transmisi lokal.Serta juga dibukanya kembali pos yang berada di daerah urug.Guna untuk menahan arus dari Kabupaten Tasikmalaya.Adapun PSBB kedua ini akan dilibatkan Tim Gugus Kecamatan.

“Tidak perlu menunggu lagi dari Kemenkes RI.Kita sudah kirim surat ke Pak Gubernur.Jadi setelah besok PSBB ke satu berakhir, langsung bisa nyambung ke PSBB kedua, 20-29 Mei 2020,”bebernya, usai rapat evaluasi PSBB ke satu, Senin (18/05/2020).

Menurut Budi, PSBB kedua itu untuk bidang pendidikan, usaha, sosial budaya, moda transportasi tak ada berubah.Namun ada pengecualian bagi yang kemarin ditutup sejumlah toko ataupun mall.Ada pertimbangannya, bisa buka mulai pukul 10.00-16.00 WIB.Tapi harus wajib mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak.Kalau ada toko atau mall tidak mengikuti protokol kesehatan.Sanksinya akan dicabut izin usahanya.

Sedangkan terkait pembatasan agama, berkaitan sholat idul fitri, bisa dilakukan.Tapi hanya tingkat lokal di RW setempat, tidak ada tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Kota.Namun dilakukan sesuai mengikuti protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, bawa sajadah sendiri dan tidak bersalaman.Serta disarankan sholat ied tersebut dilaksanakan diruang terbuka.

“Misalnya kalau sholat ied dilakukan di Mesjid Agung, hanya boleh untuk warga sekitarnya saja.Bahkan bagi warga yang mudik datang dari luar kota, jangan mengikuti sholat tersebut.Karena dikuatirkan bisa menyebarkan Pandemi Covid-19, diam dirumah saja,”paparnya.

Budi juga akan mempercepat tracking rapid test masal.Apalagi setelah ditemukan yang positif transmisi lokal.Di Puskesmas Tamansari, sehingga ditutup dulu pelayanannya selama 14 hari.Adapun terkait pendistribusian bansos dari APBD Kota Tasikmalaya sudah selesai sekitar 97 persen.Sedangkan bansos dari Provinsi Jabar, sudah 1.000 lebih tersalurkan.Hingga tinggal menunggu dari bansos Kemensos.

“Hari ini sudah ada informasi, ada sekitar 10 ribu lebih dari Kemensos itu, masuk datanya.Mudah-mudahan saja bisa disalurkan sebelum idul fitri.Masyarakat diminta untuk sabar dan menunggu saja,”pintanya.(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!